Jokowi Resmi Berlakukan PPKM Darurat Pada 3-20 Juli 2021

Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat mengumumkan pelaksanaan PPKM Darurat melalui akun youtube Sekretariat Presiden, Kamis 1 Juli 2021. (Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat mengumumkan pelaksanaan PPKM Darurat melalui akun youtube Sekretariat Presiden, Kamis 1 Juli 2021. (Tangkapan layar akun Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo atau Jokowi resmi memberlakukan PPKM darurat sebagai pengetatan aktivitas masyarakat selama dua pekan mulai dari tanggal 3 hingga 20 Juli 2021.

Menurut Jokowi, keputusan itu diambil setelah mempertimbangkan berbagai masukan dari masyarakat mulai dari tingkat menteri kabinet hingga kepala daerah tiap-tiap kabupaten dan kota seluruh Indonesia.

“Setelah mendapatkan banyak masukan dari para menteri, para ahli kesehatan dan juga para kepala daerah, saya memutuskan untuk memberlakukan PPKM darurat sejak tanggal 3 -20 juli 2021. Khusus di Jawa dan Bali,” kata Jokowi mengumumkannya melalui live streaming di youtub Sekretariat Presiden, Kamis 1 Juli 2021.

Baca Juga: Jokowi : Dengan PPKM Mikro Wabah COVID-19 Bisa Dikendalikan

Pemerintah mengaku akan mengerahkan seluruh kekuatannya guna mendukung terlaksananya PPKM darurat ini sebagai jawaban atas lonjakan kasus COVID-19 yang terjadi beberapa hari kebelakang ini.

“Seluruh aparat negara, TNI, Polri, maupun aparatur sipil negara, dokter dan tenaga kesehatan harus bahu membahu bekerja sebaik baiknya untuk menangani wabah ini,” kata Jokowi.

Jokowi menegaskan, pemberlakuan PPKM darurat ini akan dilakukan secara lebih ketat daripada pelaksanaan PPKM yang sudah diterapkan sebelum-sebelumnya selama pandemi COVID-19 melanda Indonesia.

“PPKM darurat ini akan meliputi pembatasan pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang selama ini sudah berlaku,” katanya.

Terakhir, Jokowi pun berpesan kepada masyarakat untuk bisa berdisiplin guna memutus mata rantai persebaran COVID-19 ini.

“Saya minta masyarakat berdisiplin dalam menjalankan protokol kesehatan, mematuhi pengaturan ini demi keselamatan kita semuanya, tetap tenang, waspada dan mendukung kerja kerja aparat pemerintah dan relawan dalam menangani pandemi COVID-19 ini,” katanya. “Dengan kerjasama yang baik dari kita semua dan atas ridho Allah SWT Tuhan Yang Maha Esa, saya yakin kita bisa menkan penyebaaran COVID-19 dan memulihkan kehidupan masyarakat secara cepat.” (ade/*)