Jokowi : Dengan PPKM Mikro Wabah COVID-19 Bisa Dikendalikan

Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi saat menyampaikan penanganan COVID-19 terkini, di Istana Bogor, 23 Juni 2021. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)
Presiden RI, Joko Widodo atau Jokowi saat menyampaikan penanganan COVID-19 terkini, di Istana Bogor, 23 Juni 2021. (Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

JAKARTA – Presiden Republik Indonesia Joko Widodo alias Jokowi menyampaikan, penerapan kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Mikro, merupakan kebijakan yang tepat yang bisa diambil untuk penanganan wabah COVID-19 saat ini.

Jokowi menegaskan, jika pelaksanaan PPKM Mikro dapat dilaksanakan secara ideal di tengah masyarakat, maka penyebaran wabah COVID-19 dapat dikendalikan.

“Jika PPKM Mikro terimplementasi dengan baik, tindakan-tindakan di lapangan yang terus diperkuat, semestinya laju kasus bisa terkendali,” kata Jokowi saat live streaming menyampaikan kondisi terkini penanganan COVID-19 melalui akun Youtube Sekretariat Presiden, Rabu 23 Juni 2021.

Baca Juga : Presiden Jokowi Targetkan Vaksinasi Covid-19, 700 Ribu Warga per Hari

Jokowi mengatakan, alasannya tetap memajukan PPKM Mikro sebagai program utama dalam penanganan pandemi saat ini, karena hanya kebijakan itu yang dapat dilakukan alih-alih melakukan lockdown.

“Pemerintah melihat bahwa kebijakan PPKM Mikro masih menjadi kebijakan yang paling tepat untuk konteks saat ini untuk mengendalikan COVID-19, karena bisa berjalan tanpa mematikan ekonomi rakyat,” kata Jokowi.

Namun begitu, lanjut Jokowi, dengan adanya lonjakan kasus dan COVID-19 varian baru yang terjadi beberapa hari kebelakang ini, karena masih banyak daerah yang tidak menerapkan PPKM Mikro secara baik dan efektif.

Persoalannya PPKM Mikro saat ini belum menyeluruh dan masih sporadis di beberapa tempat,” kata Jokowi.

Baca Juga : Kampus Merdeka dan Harapan Jokowi Untuk Mahasiswa Indonesia

Untuk itu, lanjut Jokowi, agar pelaksanaan PPKM Mikro dapat berjalan sesuai dengan harapan, diperlukan kerjasama antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, hingga masyarakat pada tingkat desa dan kelurahan.

“Saya minta kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota untuk meneguhkan komitmennya mempertajam penerapan PPKM Mikro, optimalkan posko-posko COVID-19 yang telah terbentuk di masing-masing wilayah desa atau kelurahan,” kata Jokowi. (ade/*)