Jiacep: 32 Juta Jenis Pekerjaan Manusia akan Musnah

H. Acep Azhari (Jiacep) foto bersama Tim AICI Universitas Indonesia usai melakukan kerjasama.(DepokToday/Dbr)

GROGOL-Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Kota Depok, H. Acep Azhari, mengungkapkan sebanyak 32 juta jenis pekerjaan yang selama ini ditangani manusia akan tiada, namun bakal terciptanya 46 juta pekerjaan baru yang belum diketahui nama pekerjaanya.

“Hadirnya Revolusi Industri 4.0 membawa dampak yang cukup kuat terhadap pengembangan kapabilitas bangsa. Bahkan dampak dari revolusi ini akan lahir Kecerdasan Buatan atau Artificial Intellegence (AI) yang dampaknya akan menghapus 32 juta jenis pekerjaan yang selama ini ditangani manusia,” kata pria yang akrab disapa Jiacep itu, Rabu (28/1/2020).

Namun, lanjut dia, dengan AI juga akan tercipta 46 juta pekerjaan baru yang belum di ketahui nama pekerjaanya.

Kata Jiacep, Depok menjadi wilayah berpengaruh di level nasional dengan berdirinya universitas terbaik di negeri ini di tambah dengan berdirinya perguruan tinggi bertaraf Internasional.

“Untuk itu pada tanggal 28 Januari 2020 telah dilakukan rancangan kerjasama antara BMPS Kota Depok dengan AICI Universitas Indonesia,” tuturnya.

Menurutnya, tujuan kerjasama ini melaksanakan pembelajaran dan pelatihan untuk siswa dan guru dari tingkat SD, MI, SMP, MTs, SMA, SMK serta melaksanakan penelitian dan konsultasi, agar produk pendidikan SDM di Kota Depok semakin berguna untuk kemajuan bangsa.

Jiacep mengaku telah menyampaikan kepada tim AICI UI, karena lokasi lembaga ini berada di Depok maka harus diutamakan Depok terlebih dahulu, sebelum di laksanakan di wilayah lain di Indonesia.

“Dikarenakan AI terus mengubah sifat pekerjaan, kita perlu memikirkan kembali pendidikan, keterampilan, dan pelatihan untuk memastikan bahwa setiap orang dipersiapkan untuk pekerjaan di masa depan dan bisnis-bisnis yang memiliki akses kepada orang-orang yang akan membuatnya menjadi berhasil,” ujarnya.

Sekadar informasi, pertama kalinya AICI beroperasi di Gedung Lab Riset Multidisiplin FMIPA UI lt 4 Kampus Universitas Indonesia. Kegiatan awal kerjasama akan berlangsung di akhir bulan Februari 2020.(dbr)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here