Jerman Cuma Butuh Satu Poin untuk Melaju ke Babak 16 Besar

Skuat Jerman di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter)
Skuat Jerman di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter)

MUNCHEN—Bangkit dari kekalahan 0-1 atas Prancis dengan membekuk Portugal 2-4, membuat Jerman semakin dekat dengan babak 16 besar Piala Eropa 2020.

Tapi masih ada satu laga sisa yang harus dihadapi Jerman untuk memastikan satu tempat di babak selanjutnya. Dan tidak begitu sulit bagi Tim Panser—julukan Jerman—untuk menyegelnya.

Jerman hanya membutuhkan hasil imbang ketika menghadapi Hungaria di Allianz Arena, Munchen, Kamis 24 Juni 2021 dini hari WIB.

Satu poin sudah cukup membawa tim asuhan Joachim Low menyusul tim lainnya yang lebih dulu lolos ke babak 16 besar. DIBACA JUGA: Tujuh Tim Sudah Amankan Tiket 16 Besar Piala Eropa 2020

DIBACA JUGA: Inggris dan Kroasia Wakil dari Grup D di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Jerman saat ini berada di posisi dua klasemen sementara Grup F dengan poin tiga. Keperkasaan Jerman mengandaskan juara bertahan Piala Eropa, Portugal, adalah bukti bangkitnya mereka di turnamen ini.

Pelatih Jerman, Joachim Low, tetap waspada dengan Hungaria yang di pertandingan sebelumnya mampu mengimbangi Prancis 1-1, sementara timnya kalah tipis 0-1 dari Prancis di laga pembuka grup.

Joachim Low.(Foto: Twitter Euro 2020)
Joachim Low.(Foto: Twitter Euro 2020)

“Kami memiliki kecepatan yang bagus dan berhasil menggerakkan bola dengan baik melawan Portugal. Pertandingan berikutnya akan lebih sulit jika Hungaria bertahan dengan delapan atau sembilan pemain dan mencoba melakukan serangan balik,” jelas Low.

“Mereka (Hungaria—red) telah menunjukkan betapa berbahayanya mereka bisa. Saya berharap kami masih bermain dengan kecepatan, meskipun ruang akan sempit, dan pada saat yang sama, kami menemukan media yang bahagia di antara keduanya, jadi untuk berbicara. Kami mungkin perlu bersabar,” Low menambahkan.

Hongaria mungkin diunggulkan di atas kertas, tetapi hasil imbang 1-1 mereka dengan Prancis di Budapest menunjukkan bahwa mereka tidak boleh diremehkan.

Pemain Hungaria bergembira usai berhasil main imbang dengan Prancis.(Foto: Twitter Euro2020)
Pemain Hungaria bergembira usai berhasil main imbang dengan Prancis.(Foto: Twitter Euro2020)

“Karena kami di sini di hiburan, kami juga ingin bermain; kami ingin tampil baik, tetapi kami juga harus tetap berpijak. Kami berharap untuk membawa permainan ‘A’ kami bersama kami ke Munchen,” timpal Pelatih Hungaria, Marco Rossi.

Kemungkinan Lolos

Tidak hanya Jerman, Hungaria dan dua tim lainnya (Prancis-Portugal) di Grup F memiliki peluang lolos ke 16 besar Piala Eropa 2020.

Prancis lolos dan akan finis pertama jika menang, atau jika seri dan Jerman tidak mengalahkan Hongaria.

Jika Prancis kalah dan Hungaria menang, tempat kedua akan ditentukan berdasarkan selisih gol secara keseluruhan.

Klasemen sementara Grup F Piala Eropa 2020.(Foto: Tangkapan Layar situs resmi UEFA)
Klasemen sementara Grup F Piala Eropa 2020.(Foto: Tangkapan Layar situs resmi UEFA)

Jerman akan lolos jika terhindar dari kekalahan. Mereka akan finis pertama jika menang dan Prancis tidak. Jerman akan finis ketiga jika seri dan Prancis kalah, atau jika Jerman dan Portugal kalah.

Portugal akan lolos jika terhindar dari kekalahan. Mereka akan finis pertama jika menang dan Jerman tidak. Portugal akan finis keempat jika kalah dan Jerman juga kalah.

Hungaria akan lolos jika menang. Jika mereka menang dan Prancis kalah, tempat kedua akan ditentukan berdasarkan selisih gol secara keseluruhan. Hungaria akan finis ketiga jika mereka menang dan pertandingan lainnya seri.

(tdr/Sumber: uefa.com)