Jelang Reuni 212, MA Potong Hukuman Habib Rizieq Shihab

Sidang Habib Rizieq Shihab (Foto: Istimewa)
Sidang Habib Rizieq Shihab (Foto: Istimewa)

DepokToday- Mahkamah Agung memangkas hukuman terhadap Habib Rizieq Shihab, menjadi 2 tahun penjara atas kasus pemalsuan tes wab COVID-19 di Rumah Sakit Ummi. Hal ini dinilai lebih ringan dari vonis yang dijatuhkan sebelumnya, yakni selama 4 tahun penjara.

Melansir Hops.id jaringan DepokToday.com, penetapan itu berdasarkan putusan nomor 4471K/Pid.Sus/2021 yang dibacakan saat sidang pada Senin 15 November 2021, dengan Majelis Suhadi, Soesilo dan Suharto di kantor MA, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat.

Baca Juga: Bikin Gugup Prajurit Kopassus, Jenderal Mulyono Rela Buang Pangkat

Dalam putusan tersebut, MA memperbaiki Putusan Pengadilan Tinggi DKI Jakarta Nomor 210/Pid.Sus/2021/PT DKI tanggal 30 Agustus 2021 yang mengubah Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Timur Nomor 225/Pid.Sus/2021/PN Jkt.Tmr tanggal 24 Juni 2021.

Juru bicara Mahkamah Agung, Andi Samsan Nganro, menegaskan dengan putusan ini maka MA menetapkan hukuman pidana penjara yang dijatuhkan kepada Habib Rizieq lebih ringan dari putusan sebelumnya.

“Pertimbangan Majelis Kasasi, meskipun terdakwa telah terbukti melakukan perbuatan menyiarkan pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran, tetapi hanya terjadi di tataran media massa,” katanya dikutip Rmol pada Selasa 16 November 2021.

Baca Juga: Detik-detik Daud Yordan Bikin KO Jagoan Rusia, Endingnya Haru

Selain itu, Andi juga menuturkan perbuatan Habib Rizieq tidak menimbulkan korban jiwa ataupun harta benda. Ditambah, dia juga telah dijatuhi pidana dalam perkara lainnya yang merupakan rangkaian peristiwa menyangkut COVID-19.

“Oleh karena itu, penjatuhan pidana oleh Judex Facti kepada terdakwa selama 4 tahun dipandang terlalu berat, sehingga pidana yang dijatuhkan patut untuk diperbaiki dengan pidana ringan,” ujarnya.

Bebaskan Habib Rizieq Shihab

Sementara itu, Wasekjen DPP Persaudaraan Alumni atau PA 212, Novel Bamukmin memastikan, Reuni Akbar 212 akan kembali digelar secara terbuka pada 2 Desember 2021 mendatang.

Pada kesempatan tersebut, dia beserta ‘pasukannya’ akan menuntut pemerintah segera membebaskan Habib Rizieq Shihab (HRS) dari tahanan.

Novel mengatakan, Reuni Akbar 212 akan diramaikan sekira 7 juta massa. Selain ingin menuntut pembebasan Habib Rizieq, menurutnya, sudah banyak umat Islam yang rindu dengan kegiatan tahunan tersebut. (rul/*)