Jelang Lawan Vietnam, Van Marwijk Peringatkan UEA Jangan Terlalu PeDe

Bert van Marwijk (tiga kiri paling ujung).(Foto: AFC)

DUBAI—Pelatih Uni Emirat Arab (UEA), Bert van Marwijk, memperingatkan penggawanya agar tidak terlalu percaya diri atau PeDe usai meraih kemenangan 5-0 melawan Indonesia, Jumat 11 Juni 2021.

Itu adalah kemenangan ketiga berturut-turut UEA di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan Kualifikasi Piala Asia 2023.

“Saya senang dengan hasil besar, tetapi saya tidak puas dengan penampilan kami di beberapa waktu selama pertandingan,” kata Van Marwijk dikutip situs resmi AFC, Sabtu 12 Juni 2021.

DIBACA JUGA: Indonesia Kalah 5-0 dari UEA di Laga Terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022

Karena hal itulah, Van Marwijk memberikan sinyal peringatan supaya anak asuhnya tidak terlalu jemawa mengingat satu pertandingan lagi menanti mereka, yakni melawan Vietnam.

“Kami masih memiliki satu pertandingan besar terakhir melawan Vietnam untuk menyelesaikan pekerjaan. Saya sepenuhnya percaya para pemain untuk melakukan yang terbaik di pertandingan berikutnya,” kata mantan pelatih Australia itu.

Pemain UEA merayakan gol di belakang kiper Indonesia, Muhammad Riyandi (kiri).(Foto: Twitter @uaefa)
Pemain UEA merayakan gol di belakang kiper Indonesia, Muhammad Riyandi (kiri).(Foto: Twitter @uaefa)

Diakui Van Marwijk, Vietnam adalah tim yang paling sulit dihadapi di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Selain Vietnam, lanjut dia, Thailand juga masuk kategori tim yang kuat.

“Kami tahu Vietnam bersama Thailand adalah dua tim yang paling sulit dihadapi di grup ini,” ucapnya.

DIBACA JUGA: Persaingan UEA dengan Vietnam, Tergeser atau Malah Melesat Menjauh

Meski begitu, juru taktik asal Belanda ini paham dengan permainan Vietnam sehingga tidak ada kata kalah sebelum bertanding.

“Kami sepenuhnya menyadari kemampuan Vietnam dan tujuan kami adalah memenangkan pertandingan terakhir. Kami perlu mempertahankan gaya bermain kami dan tidak mengubah filosofi kami,” tegasnya.

Sekadar informasi, UEA akan bertanding melawan Vietnam pada laga terakhir Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia di Stadion Zabeel, Dubai, UEA, Selasa 15 Juni 2021 malam waktu setempat.

Hanya kemenangan yang bakal mengantarkan UEA tampil sebagai juara Grup G. Sedangkan Vietnam hanya membutuhkan hasil imbang untuk tetap menjadi pemuncak klasemen Grup G.

Saat ini, Vietnam memimpin klasemen sementara Grup G dengan 17 poin dari tujuh pertandingan. Sementara UEA berada di posisi kedua dengan 15 poin dari tujuh pertandingan.

(tdr/*)