Jangan Toledor Cuci Pakaian Saat Pandemi, Berikut Tipsnya

Ilustrasi bersihkan pakaian saat pandemi COVID-19. Foto: Unilever
Ilustrasi bersihkan pakaian saat pandemi COVID-19. Foto: Unilever

DEPOK – Kebersihan pada saat masa pandemi tentunya menjadi yang paling utama untuk menghindari diri terjangkit virus. Termasuk juga kebersihan pakaian yang digunakan setiap hari saat pandemi

Centers for Diseases Control and Prevention (CDC) menyarankan untuk mencuci pakaian dengan air hangat dan memakai detergen. Untuk pakaian tertentu yang merasa tidak yakin dengan kebersihannya, dapat dimulai dengan cairan pemutih sebelum dicuci.

Dikutip dari Hops.id, ilmuwan di Tide and Downy mengatakan, pakaian sehari-hari dapat dicuci dengan air dingin dan diberikan dosis deterjen yang sesuai.

Menjaga kebersihan pakaian dalam, pakaian luar, pakaian olahraga, handuk, dan seprai mungkin perlu diperlakukan ekstra, yakni dengan dicuci menggunakan air hangat (sekitar 60 derajat Celcius atau lebih tinggi) dengan dosis deterjen yang sesuai.

Nah, Centers for Diseases Control and Prevention (CDC) juga memberi tahu bagaimana panduan mencuci pakaian di tengah pandemi ini sebagai berikut:

1.Jika pakaian tersebut dari orang yang sakit, maka harus memakai sarung tangan sekali pakai. Diperbolehkan menggunakan sarung tangan yang dapat digunakan kembali, tetapi sarung tangan tersebut harus di dedikasikan untuk membersihkan dan mendisinfeksikan permukaan COVID-19.

2.Tidak melemparkan pakaian kotor. Hal ini akan meminimalkan kemungkinan penyebaran virus melalui udara.

Baca juga: Meski Diolok-olok Ayu Ting Ting Ogah Pindah dari Depok, Ini Sebabnya

3.Cuci pakaian sesuai dengan intruksi pada label pakaian. Gunakan pengaturan air yang paling hangat untuk pakain tersebut.

4.Jika kamu ingin mencuci pakaian dengan tangan, pastikan menggunakan air hangat setidaknya 27 derajat celcius dengan jumlah detergen yang sesuai. Rendam pakaian selama 20 hingga 30 menit sebelum dibilas dengan bersih.

5.Jika pakaian tidak boleh dikeringkan dengan mesin, gantung atau jemur mendatar agar pakaian diangin-anginkan dan bisa benar-benar kering. Pastikan tetap mencuci tangan sesuai pedoman CDC, setidaknya 20 detik dengan sabun dan air setelah menangani cucian kotor.

Selain memperhatikan cara mencuci pakaian, kita juga tetap harus patuhi protokol kesehatan dan segera lakukan vaksinasi jika belum. (lala/*)