Jangan Takut Gemuk, Ini Pilihan Makanan yang Aman Disantap Sebelum Tidur

Sarapan Weißwurst adalah makanan tradisional khas Bavaria.(Foto: Tangkapan Layar dari laman resmi UEFA)

DepokToday – Memiliki pemahaman tentang dampak makan sebelum tidur membuat sebagian orang merasa dilema. Pemahaman tentang berat badan yang bisa naik ketika makan di waktu ingin tidur membuat banyak orang menahan diri untuk menyantap kudapan.

Tapi, benarkah jika kita harus menahan rasa lapar yang datang ketika tiba-tiba merasakan hal tersebut. Melansir dari eatthis.com, kesalahan umum yang banyak dilakukan, yaitu makan terlalu dekat dengan waktu tidur menyebabkan penambahan berat badan.

Sementara makan malam adalah salah satu kebiasaan yang dapat berkontribusi kenaikan berat badan, terutama berkontribusi pada konsumsi kalori berlebihan untuk hari itu, makan makanan tertentu sebelum tidur sebenarnya dapat memberikan beberapa manfaat.

Nah, jika anda mencari camilan setelah makan malam sebelum makan malam, protein adalah pilihan terbaik Anda. Untungnya, protein datang dari sumber nabati hingga hewani,mulai dari tekstur keras hingga cair.

Inilah mengapa protein adalah makanan terbaik untuk dimakan sebelum tidur. Selain itu, salah satu manfaat mengkonsumsi protein sebelum tidur adalah perannya dalam perbaikan jaringan.

Tubuh secara terus-menerus menggunakan protein yang dikonsumsi sepanjang hari untuk memperbaiki, membangun kembali, dan membuat jaringan di dalam tubuh. Namun, ketika Anda berpuasa semalaman, ada lebih sedikit “bahan pembangun” protein untuk fungsi-fungsi ini.

Baca Juga: Di Atas Rata-rata Tentara, Ini Kemampuan Wajib Seorang Paspampres yang Bikin Geleng-geleng

Mengkonsumsi protein sebelum tidur memberikan dosis asam amino, bahan penyusun protein, yang akan digunakan untuk pemeliharaan jaringan semalaman. Memiliki protein malam ekstra ini sangat membantu bagi seseorang yang mencoba membangun jaringan otot atau menambah berat badan.

Sumber protein tertentu, ikan berlemak, dan kacang-kacangan tertentu bahkan dapat membantu meningkatkan kualitas tidur . Selain itu, ada telur, dada ayam, kalkun, udang, kacang almond dan keju bisa jadi pilihan lainnya.

Satu studi yang diterbitkan dalam jurnal Nutrients menemukan hubungan langsung antara mengonsumsi lemak tak jenuh ganda omega-3 sebelum tidur dan meningkatkan efisiensi tidur serta tertidur lebih cepat.

Terakhir, kacang kenari secara alami mengandung melatonin, dan ketika dimakan, dapat meningkatkan konsentrasi darah dari hormon ini yang memainkan peran utama dalam siklus tidur dan bangun. (lala/*)