Jangan Heran, Ternyata Bawang Putih Bisa Obati Kanker Hingga Atasi Kebotakan, Nih Caranya

Manfaat bawang putih (Foto: Istimewa)
Manfaat bawang putih (Foto: Istimewa)

DepokToday- Selain menjadi bahan penguat masakan, bawang putih ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Dilansir dari healthline, memakan bawang putih bisa membantu melawan flu, menurunkan tekanan darah dan kolesterol, hingga mengurangi risiko demensia.

Bahkan, karena mengandung senyawa belerang, bang putih juga dipercaya mampu memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker tertentu. Belakangan diketahui, bawang putih juga memiliki antioksidan yang dapat melindungi kulit kita dari efek penuaan dini akibat radikal bebas.

Tak hanya itu saja, manfaat lain bawang putih ternyata bisa dijadikan obat untuk rambut. Data yang dihimpun menyebut, minyak mentah bawang putih kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin B-6 dan C, mangan, dan selenium yang bisa meningkatkan kesehatan rambut.

Sifat antimikroba dan antijamur alami pada bawang putih, dapat memberikan manfaat bagi rambut. Sifat yang melekat pada bawang putih ini bisa membunuh bakteri dan melawan kuman, menjaga kulit kepala tetap sehat. Bahkan, tumbuhan satu ini juga bisa mengatasi kebotakan.

Baca Juga: Detik-detik Pabrik Karung Terbakar, Begini Kondisi Pekerja di Dalamnya

Disitat dari brilio.net, bawang putih kini sudah makin dipercaya sebagai obat ampuh mengatasi rambut rontok. Kandungan kalsium, sulfur dan antioksidan yang terkandung di dalam bawang putih tentu dapat mencegah rambut rontok dan bahkan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut.

Manfaat Bawang Putih untuk Mengatasi Kebotakan

Dikutip dari food.ndtv, bawang putih mentah dikenal kaya akan kandungan vitamin C yang sangat bagus untuk meningkatkan kesehatan rambut. Ini juga meningkatkan produksi kolagen yang membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Menurut laman healthline, mengoleskan gel bawang putih ke bintik-bintik botak di kulit kepala bisa meningkatkan pertumbuhan rambut kembali.

Baca Juga: Viral, Video Diduga ASN di Bojongsari Asik Joget Banjir Hujatan, Warganet: Kek Orang Kesurupan

Sementara itu, dikutip dari healthline, bawang putih dapat melindungi keratinosit dari kerusakan UV dan bisa sebagai bahan anti penuaan. Keratinosit adalah sel kulit yang menghasilkan keratin. Sel-sel ini berada di lapisan luar kulit, termasuk kulit kepala, dan di folikel rambut.

Ilustrasi botak (Foto: Istimewa)
Ilustrasi botak (Foto: Istimewa)

Tak hanya itu saja, dilansir dari food.ndtv, adanya kandungan selenium pada bawang putih membantu melancarkan peredaran darah untuk menutrisi secara maksimal. Dengan begitu, bawang putih dapat membantu menenangkan kulit kepala yang memburuk dan mengatasi masalah seperti ketombe.

Kemudian, dikutip dari food.ndtv, bawang putih memiliki khasiat anti mikroba yang membantu membunuh kuman dan bakteri, yang bertanggung jawab menyebabkan kerusakan pada kulit kepala yang bisa mengakibatkan penghambatan pertumbuhan rambut. (rul/*)