Jangan Buru-buru Dibuang, 8 Manfaat Silica Gel Ini Bisa Dicoba di Rumah

Silica Gel (Foto: Istimewa)
Silica Gel (Foto: Istimewa)

DepokToday – Ketika membeli sebuah barang, biasanya ada sebuah bungkusan kecil silica gel. Manfaat silica gel ini dapat menyerap kelembapan di dalam kemasan. Mungkin banyak dari kita yang langsung membuat paket kecil silica gel itu. Sebetulnya ada sejumlah manfaat dari silica gel yang bisa dipakai lagi.

Melansir dari Kompas.com, ingatlah bahwa silica gel tidak boleh dimakan. Dengan demikian, pastikan menjauhkannya dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Tapi sebetulnya ada sejumlah manfaat yang bisa digunakan dari silica gel. berikut adalah 8 manfaat menggunakan kembali silica gel di rumah.

1.Menghindari kelembapan elektronik
Simpan silica gel di tas kamera atau di tempat mana pun menyimpan peralatan elektronik. Silica gel bagus untuk menjaga kelembapan dari barang elektronik, serta membantu mencegah jamur dan lumut pada lensa kamera.

2.Menangani ponsel basah
Simpan silica gel untuk digunakan saat ponsel basah. Jika ponsel terkena percikan ringan, bersihkan dan masukkan ke dalam kantong yang dapat ditutup rapat dengan paket silica gel hingga kering.

Jika Anda memasukkan semuanya ke dalam air, lakukan hal yang sama dengan banyak paket silica gel, dan biarkan selama beberapa hari. Anda dapat menambahkan beras untuk penyerapan ekstra.

Jangan mencoba untuk menghidupkan ponsel Anda sampai beberapa hari telah berlalu.

Baca Juga: Imam Budi Hartono: Kita Jadikan Sampah Itu Berkah, Bukan Musibah

3.Menjaga foto lama agar tidak rusak
Jika memiliki banyak foto lama yang disimpan dalam kotak, masukkan paket silica gel ke dalamnya. Ini akan membantu menjaga kelembapan yang akan menyebabkan cetakan saling menempel, berubah warna dan memburuk.

Anda bahkan dapat menyimpannya di bagian belakang rak buku tempat menyimpan album foto untuk tujuan yang sama.

4.Menghilangkan bau apek
Letakkan di bagian belakang lemari handuk atau di wadah penyimpanan selimut atau pakaian. Silica gel bahkan bekerja untuk mengusir kelembapan buku-buku lama.

5.Melindungi benih tanaman
Bagi yang senang berkebun juga bisa memanfaatkan silica gel. Jika Anda mengumpulkan benih, simpanlah ke dalam kemasan yang sudah diletakkan silica gel di dalamnya agar tidak berjamur sebelum Anda menanamnya.

6.Mempercepat proses pengeringan bunga
Jika Anda membuat bunga kering sendiri, atau mengeringkan kelopak bunga, silica gel akan membantu mempercepat proses pengeringan. Ini juga membantu bunga mempertahankan lebih banyak warna dan bentuk aslinya juga.

7.Melindungi perhiasan perak
Jika Anda menyimpan silica gel bersama perhiasan perak, hal ini akan membantu mencegah noda. Silica gel juga berfungsi untuk jarum di kotak jahit Anda dan barang serupa lainnya.

8.Mengeringkan alat bantu dengar
Alat bantu dengar bisa mendapatkan kelembapan dari keringat, jadi Anda juga bisa mengeringkannya dengan silica gel. Namun, pastikan untuk mengeluarkan baterainya terlebih dahulu. (Lala/*)