Jamin Keselamatan Penumpang, KCI Sterilkan KRL dari Corona

Petugas PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter, melakukan berbagai persiapan terkait kebijakan pemerintah soal larangan mudik lebaran.(DepokToday, Rul)
Petugas PT Kereta Commuter Indonesia atau KAI Commuter, melakukan berbagai persiapan terkait kebijakan pemerintah soal larangan mudik lebaran.(DepokToday, Rul)

DEPOK- PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) mengimbau masyarakat untuk tidak panik dan tetap tenang menyikapi wabah Covid-19 (corona). Dan sebagai salah satu moda transportasi massal, KCI pun menjamin tiap rangkaian Kereta Rel Listrik atau KRL terjaga kebersihannya, serta aman untuk digunakan sampai saat ini.

Untuk membuktikan hal itu, jajaran KCI pun mengajak sejumlah awak media untuk melihat secara langsung proses sterilisasi rangakaian KRL yang telah selesai beroperasi pada Jumat malam, 14 Maret 2020.

Satu persatu rangkaian gerbong yang parkir di kawasan Dipo Depok itu menjalani proses pembersihan dengan cukup detail. Tak hanya menggunakan sabun, petugas juga melakukan penyemprotan dengan cairan disenfektan.

Aksi bersih-bersih KRL (DepokToday, Rul)

Pantauan dilokasi melaporkan, dengan pakaian khusus, sejumlah petugas tampak cekatan melakukan pembersihan di setiap sudut dan aksesoris KRL. Tiang panyangga atau handle yang biasa digunakan untuk pegangan tangan penumpang pun tak luput dari pembersihan. Bahkan, setiap bangku yang ada di gerbong juga disterilkan hingga ke-bagian dalam.

Tak hanya itu saja, petugas juga membersihkan seluruh bagian luar hingga ke bagian mesin dan area ruang pengendali KRL (tempat masinis).

“Hari ini kita melihat ada penyemprotan sarana KRL yang sudah melakukan operasional untuk dilakukan pembersihan pencucian, ditambah penyemprotan disenfektan untuk pencegahan Covid-19,” kata Direktur Utama PT KCI, Wiwik Widayanti

Dirinya menjelaskan, sebenarnya hal ini (pembersihan) KRL adalah hal rutin yang dilakukan saat rangkaian kereta usai beroperasi.

“Sebenarnya untuk kereta-kereta yang sudah selesai beeroperasi memang kita lakukan seperti ini pencuciannya, tapi dengan meningkatnya informasi-informasi tadi tentang penyebaran virus corona kita tingkatkan kebersihannya dan penyemprotan disenfektan.”

Wiwik menegaskan, bahwa KCI selalu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan para penumpang, salah satunya dengan menjaga kebersihan kereta untuk mengantisipasi penyebaran virus. Kemudian, sejak 3 Februari 2020, PT KCI juga telah melakukan berbagai upaya edukasi untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Hingga saat ini KCI telah memberikan edukasi cuci tangan yang benar, dan membagikan masker kepada pengguna di 36 stasiun,” katanya

Jajaran pimpinan PT KCI (DepokToday, Rul)

Selain itu, KCI juga menyediakan lebih dari 700 botol hand sanitizer untuk 88 rangkaian kereta dan 80 stasiun. “Kami juga telah lama menugaskan on trip cleaning yang membersihkan rangkaian kereta saat sedang beroperasi melayani pengguna,” ucap dia

Wiwik menambahkan, pihaknya pun kerap memberikan materi edukasi dan himbauan di 88 rangkaian kereta dan 80 stasiun serta telah menyiapkan pos kesehatan di 30 stasiun KRL yang dapat memberikan pertolongan pertama jika pengguna mengalami masalah kesehatan.

“Di pos ini, pengguna juga dapat mengukur suhu tubuh, mendapatkan masker, hingga obat-obatan. Bila tidak dapat ditangani, petugas kesehatan akan merujuk pengguna ke rumah sakit terdekat.”

PT KCI juga mewajibkan pegawai frontliner yang berinteraksi langsung dengan pelanggan untuk cek kesehatan, termasuk suhu tubuh sebelum berdinas.

Bagi para pengguna KRL, PT KCI juga mengimbau untuk:

  1. Tidak meludah sembarangan di Stasiun maupun Kereta,
  2. Menggunakan masker saat sedang sakit, batuk, pilek, maupun dalam masa penyembuhan,
  3. Menjaga kebersihan, antara lain mencuci tangan dengan benar.
  4. Memeriksakan diri ke pos kesehatan bila merasa kurang sehat. (rul/*)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here