Jam Tidur di Waktu Ini Pengaruhi Risiko Mendapat Penyakit Jantung

ilustrasi tidur (Foto: Istimewa)
ilustrasi tidur (Foto: Istimewa)

DepokToday – Suatu studi menyatakan jam tidur mempengaruhi kesehatan fisik dan juga mental. Tidak hanya itu, baru-baru ini studi juga mengungkapkan jika jam tidur tertentu mampu menurunkan risiko penyakit jantung.

Melansir dari Suara.com, tidur di tengah malam atau lebih lambat dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular 25 persen lebih tinggi, sementara ada risiko 12 persen lebih besar di antara mereka yang tertidur sebelum jam 10 malam.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh University of Exeter, tidur antara jam 10 malam dan 11 malam adalah waktu yang tepat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Penelitian ini melibatkan 88.026 orang dalam studi Biobank Inggris, yang direkrut antara tahun 2006 dan 2010.

Usia rata-rata adalah 61 tahun, dengan kisaran antara 43 hingga 79 tahun, dan 58 persen adalah wanita.

Menggunakan perangkat pelacak yang dikenakan di pergelangan tangan, para ilmuwan dapat mengumpulkan data tentang waktu orang tidur dan bangun selama tujuh hari.

Para peserta ini juga diminta untuk mengisi kuesioner tentang kesehatan umum dan gaya hidup mereka.

Mereka kemudian ditindaklanjuti untuk diagnosis baru penyakit kardiovaskular, yang didefinisikan sebagai serangan jantung, gagal jantung, penyakit jantung iskemik kronis, stroke, dan serangan iskemik transien, selama rata-rata 5,7 tahun.

Baca Juga: Prabowo Subianto Dilawan Juniornya di Kopassus: Emang Kenapa Bang?

Selama waktu ini, 3.172 peserta mengembangkan penyakit kardiovaskular, dan insiden tertinggi terjadi pada mereka yang tidur di tengah malam atau lebih, dan terendah pada mereka yang tidur antara pukul 10 malam dan 10.59 malam.

Jam Tidur Pengaruhi Fungsi Fisik

Penulis studi Dr David Plans, dari University of Exeter, mengatakan: “Tubuh memiliki jam internal 24 jam, yang disebut ritme sirkadian, yang membantu mengatur fungsi fisik dan mental.

“Meskipun kami tidak dapat menyimpulkan penyebab dari penelitian kami, hasilnya menunjukkan bahwa waktu tidur lebih awal atau lebih lambat mungkin lebih mungkin mengganggu jam tubuh, dengan konsekuensi buruk bagi kesehatan kardiovaskular.”

Studi kami menunjukkan bahwa waktu optimal untuk tidur adalah pada titik tertentu dalam siklus 24 jam tubuh dan penyimpangan dapat merusak kesehatan.

“Waktu paling berisiko adalah setelah tengah malam, berpotensi karena dapat mengurangi kemungkinan melihat cahaya pagi, yang mengatur ulang jam tubuh.”

Menariknya, penelitian tersebut menemukan hubungan yang lebih kuat antara waktu tidur dan penyakit kardiovaskular di kalangan perempuan

“Mungkin ada perbedaan jenis kelamin dalam cara sistem endokrin merespons gangguan pada ritme sirkadian.” (lala/*)