Jalur Sepeda di Depok Riwayatmu Kini

0
201
Kondisi jalur sepeda di kawasan Margonda (DepokToday, rul)

MARGONDA– Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, bakal mengaktifkan kembali jalur sepeda yang kala itu diaktifkan pada 2016 silam, di kawasan Margonda, yang merupakan jantung pusat kota tersebut. Lalu seperti apakah kondisinya saat ini?

Berdasarkan catatan yang dihimpun, jalur sepeda sepanjang sekira 10 kilo meter itu digagas dan diresmikan pada Januari 2016. Kala itu Depok dipimpin oleh Nur Mahmudi sebagai wali kota. Anggaran yang dirogoh untuk keperluan cat dan rambu-rambu atau marka jalan disebut-sebut mencapai sekira Rp 140 juta.

Namun sayangnya, sejak diresmikan hingga saat ini, keberadaan jalur sepeda terkesan sepi peminat. Tak hanya itu saja, di sejumlah titik di kawasan Margonda, jalur tersebut bahkan tertutup oleh parkir liar yang berada di bahu jalan. Kondisi ini kian diperparah lantaran sebagian cat kuning sebagai pembatas jalur dengan kendaraan bermotor sudah tak lagi terlihat atau terhapus.

Ya, sejak pergantian kursi kepemimpinan dari Nur Mahmudi ke Mohammad Idris sebagai wali kota, kebijakan itu pun seakan mati suri. Namun kini, disisa-sisa akhir masa jabatannya, Idris akhirnya mulai melirik fungsi jalur tersebut dengan cara melakukan revitalisasi (perbaikan).

“Rencana kita akan aktifkan kembali revitalisasi untuk jalur sepeda. Kita sudah ada intruksi untuk membentuk tim adhoc untuk penataan Margonda dari pak wali,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok, Dadang Wihana, Rabu 30 Oktober  2019

Saat ini, hal itu sedang dalam tahap pembahasan. “Ini sedang kita mulai lagi terintegrasi antara Bapeda, Dishub, juga PUPR dan Rumkim, jadi sudah ada instruksi dari pak wali untuk menata kembali Margonda,” ujarnya

Dadang mengungkapkan, revitalisasi atau penataan jalur sepeda perlu dilakukan karena saat ini kondisinya kurang tertata. Sama seperti sebelumnya, jalur sepeda ini akan diberlakukan sepanjang Jalan Margonda atau sekira tujuh kilo meter.

“Dulu pernah dibuat tapi sekarang markanya sudah kabur hilang nanti kita tata kembali.”

Ketika disinggung apakah program jalur sepeda juga akan diberlakukan di jalan lainnya di Kota Depok, Dadang mengatakan, hal itu akan disesuaikan pada kondisi infrastruktur.

“Kita lihat dulu, sesuaikan dengan infrastruktur yang kita miliki jalan yang dimungkinkan untuk penggunaan sepeda kita saat ini hanya Margonda, yang lainnya jalan masih sempit. Jadi kita upayakan jalur sepeda yang ada di Margonda Raya,” ucapnya

Dadang berharap, program itu dapat segera terealisasi. “Ini tim baru akan dibentuk, karena kita mengurusi itu harus dari hulu ke hilir,” tuturnya

Lebih lanjut saat ditanya soal evaluasi jalur sepeda yang sempat diberlakukan beberapa tahun lalu, Dadang menilai ada banyak faktor yang membuat hal tersebut tidak berjalan maksimal.

“Perilaku pengendara kita belum menjadikan pejalan kaki dan sepda sebagai kasta tertinggi, jadi jalur sepeda digunakan oleh jalur mobil juga dan ini perlu propaganda yang harus kita masif kan,” katanya

Soal sepeda dapat mengurai kemacetan, Dadang mengatakan, hal itu perlu ada kajian yang lebih mendalam. “Kami belum ada kajian, karena ini juga akan menambah traffic, tetapi untuk mengurangi polusi itu sudah pasti dan kebugaran.” (*red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here