Jalan Amblas GDC, Kapan Diperbaiki? Sudah 2 Bulan Terbengkalai

Kondisi terkini jalan amblas Boulevard GDC, tidak terlihat adanya pengerjaan konstruksi, Rabu 23 Juni 2021. (DepokToday.com)
Kondisi terkini jalan amblas Boulevard GDC, tidak terlihat adanya pengerjaan konstruksi, Rabu 23 Juni 2021. (DepokToday.com)

DEPOK – Sudah lebih dari dua bulan, jalan amblas Boulevard Grand Depok City atau GDC belum juga diperbaiki oleh Pemerintah Kota Depok. Kondisinya tidak jauh berbeda seperti saat kejadian amblasnya jalan pada 13 April 2021 silam.

Pantauan DepokToday.com dilapangan, hanya terpampang rambu kuning berlambang jalan amblas dan bertuliskan ‘Rawan Longsor’.

Amblasnya jalan GDC terjadi pada jalur Margonda – Pasar Pucung, tepatnya didepan kantor Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Depok. Akibat kejadian itu, dibuat skema lalu lintas contra flow pada jalur sebaliknya.

Dilansir dari situs lelang lpse.depok.go.id, perbaikan jalan Boulevard GDC dilakukan tender ulang yang dibuat pada tanggal 15 Juni 2021 dengan nilai Rp 7 miliar.

Baca Juga : Jalan Boulevard Ambruk, DPRD Depok Cecar Kinerja Pemda

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Depok, Dadan Rustandi mengatakan, alasan dilakukan tender ulang tersebut karena pada tender pertama gagal.

“Kemaren gagal lelang tidak ada yang memenuhi persyaratan,” kata Dadan dikonfirmasi, Rabu 23 Juni 2021.

Dadan mengakui, dengan dilakukannya tender ulang tersebut, otomatis target penyelesaian konstruksi jalan jembatan tersebut juga tertunda, dari yang sebelumnya ditargetkan rampung pada bulan Juli 2021.

“Insyaa Allah kalau tidak ada halangan lagi, tanggal 20 Juli (baru) bisa berkontrak dan bisa dilaksanakan,” kata Dadan.

Sebagai informasi, amblesnya jalan Boulevard GDC terjadi pada Senin 12 April 2021 malam. Penyebabnya diduga karena usia jembatan sudah tua, yang dibuat pada tahun 1980-an.

Amblesnya jalan tersebut membuat lubang berdiameter kurang lebih 10 meter dengan kedalaman 3 meter.

Penanganan Jalan Amblas GDC dan Jalan Gubeng Surabaya

Amblesnya jalan Boulevard GDC diyakini hampir mirip dengan kejadian di Jalan Gubeng, Surabaya pada tanggal 18 Desember 2018.

Namun bedanya, perbaikan Jalan Gubeng hanya memerlukan waktu beberapa hari yakni tidak kurang dari 10 hari, dan tepatnya pada Kamis, 27 Desember 2018, kendaraan sudah bisa lagi melintasi jalan tersebut. (ade/*)