Jalan Akses UI Dibatasi, Ini Alternatif Jalan Lain, Salah Satunya Margonda

Jalan Komjen M Jasin (Akses UI) dilakukan pembatasan mobilitas mulai pukul 21.00 hingga 04.00, hanya warga setempat dan keadaan darurat yang bisa melintas, Rabu 23 Juni 2021. (DepokToday.com)
Jalan Komjen M Jasin (Akses UI) dilakukan pembatasan mobilitas mulai pukul 21.00 hingga 04.00, hanya warga setempat dan keadaan darurat yang bisa melintas, Rabu 23 Juni 2021. (DepokToday.com)

DEPOK – Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Metro Depok, Ajun Komisaris Besar Andi Indra Waspada mengatakan, masyarakat bisa menggunakan Jalan Margonda Raya sebagai alternatif selain Jalan Komjen M Jasin atau Akses UI.

“Jadi artinya memang jika tidak ada kepentingan maka diharapkan (masyarakat) dialihkan arusnya di jalan Margonda Raya, ini dalam rangka mengantisipasi melonjaknya kasus COVID-19 di Kota Depok,” kata Indra kepada wartawan, Rabu 23 Juni 2021 malam.

Andi mengatakan, pengalihan arus itu sebagai alternatif apabila Jalan Komjen M Jasin dilakukan pembatasan mobilitas mulai pukul 21.00 hingga pukul 04.00.

Baca Juga : Akses UI Dibatasi, Pukul 21.00 – 04.00 Ditutup Untuk Umum

“Mulai malam ini, jajaran Satlantas Polres Metro Depok menindaklanjuti SK Wali Kota Depok, melaksanakan kegiatan pembatasan mobilitas pengguna jalan pada ruas jalan Komjen M Jasin,” kata Andi.

Andi mengatakan, langkah itu terpaksa diambilnya guna mencegah penyebaran COVID-19 yang dinilai tinggi terjadi di Jalan Komjen M Jasin.

“Berdasarkan pengecekan, Komjen M Jasin merupakan salah satu jalan yang dimiliki kota Depok yang rawan kerumunan karena banyak kafe, kosan mahasiswa termasuk juga banyak teman ataupun pedagang kaki lima,” kata Andi.

Andi menambahkan, selama pemberlakuan pembatasan mobilitas itu, hanya warga setempat dan keadaan darurat yang bisa melintasi jalan tersebut.

“Ketika bukan dari warga Komjen M Jasin atau tidak sedang dalam keadaan darurat, maka kita putar balikkan, kita mengurangi mobilitas pengguna jalan,” kata Andi.

Baca Juga : Bukan Warga Depok, Aparat Putar Balik 74 Kendaraan di Perbatasan

Sebagai informasi, Jalan Komjen M Jasin merupakan jalan penghubung antara Kota Depok dengan Kota Administrasi Jakarta Timur. Jalan sepanjang kurang lebih 2,75 kilometer tersebut terbentang mulai dari Fly Over UI hingga Pasar Pal.

Kota Depok memiliki sedikitnya tiga jalan protokol yang berbatasan dengan daerah lain, diantaranya Jalan Raya Bojongsari yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bogor dan Kota Tangerang Selatan. Jalan Raya Bogor yang berbatasan langsung dengan Kota Administrasi Jakarta Timur dan Kabupaten Bogor.

Terakhir, Jalan Margonda Raya yang berbatasan langsung dengan Kota Administrasi Jakarta Selatan.

(ade/*)