Jakarta Nyalakan Lampu Berwarna Bendera Palestina di Tempat Ini

Salah satu JPO di Jakarta berwarna bendera Palestina yang menyala pada malam hari.(Foto: Facebook Anies Baswedan)
Salah satu JPO di Jakarta berwarna bendera Palestina yang menyala pada malam hari.(Foto: Facebook Anies Baswedan)

JAKARTA— Lampu berwarna bendera Palestina di Jembatan Penyeberangan Orang (JPO), Terowongan Kendal, Simpang Semanggi, Bundaran HI, dan Monas menjadi ungkapan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta untuk menunjukan aksi solidaritas pada negara tersebut.

Melalui akun media sosialnya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, hal tersebut sudah diterapkan sejak Sabtu pekan lalu.

“Ini merupakan bentuk dukungan dari warga Jakarta, solidaritas kemanusiaan untuk saudara-saudara kita rakyat Palestina di Jalur Gaza,” kata Anies di laman facebooknya, Sabtu 22 Mei 2021.

Warna bendera Palestina menyala di JPO Pasar Minggu, Jakarta Selatan.(Foto: Facebook Anies Baswedan)
Warna bendera Palestina menyala di JPO Pasar Minggu, Jakarta Selatan.(Foto: Facebook Anies Baswedan)

“Seperti pesan Bung Karno pada 1962, ‘Selama kemerdekaan belum diserahkan kepada Bangsa Palestina, maka perjuangan Indonesia untuk menentang penjajahan di Tanah Palestina harus terus dilakukan’,” sambung Anies.

Alasan DKI Pasang Lampu Berkonsep Bendera Palestina

Anies berkata, Indonesia pernah merasakan perjuangan untuk meraih kemerdekaan, dan hal itu bukan hal yang gampang. Karenanya, lanjut Anies, Jakarta dan Indonesia bersimpati.

“Kita di Jakarta, di Indonesia bersimpati. Kita bersimpati dengan masyarakat saudara kita di Palestina. Ini adalah pesan untuk semua, mari kita doakan saudara-saudara kita di Palestina, agar diberikan kekuatan, ketabahan dalam melewati masa yang tidak mudah ini,” pesan Anies.

Dukungan dari Depok

Beberapa hari lalu, sejumlah warga Depok menggelar aksi turun ke jalan untuk memberikan dukungan terhadap rakyat Palestina. Dalam aksinya tersebut, massa juga mengecam tindakan Israel yang dianggap tidak manusiawi.

“Ini aksi kemanusiaan ya bukan karena agama, karena sebenarnya penindasan di seluruh dunia harus dihapuskan,” kata koordinator aksi bela Palestina, Yogi saat menggelar aksi dukung Palestina di Jalan Margonda, Depok pada Jumat 21 Mei 2021.

Ia menegaskan, aksi turun ke jalan ini adalah bukti bahwa warga Depok mendukung penuh kemerdekaan Palestina dari pejajahan Israel.

“Karena sejatinya saat Indonesia merdeka pada 1945, negara Palestina juga menyatakan kemerdekaan Indonesia,” jelasnya.

Dengan demikian, menurut Yogi, sudah sepatutnya warga negara Indonesia memberikan kembali rasa hormat dan dukungan itu.

“Memberikan semangat bahwa Palestina harus merdeka dan Israel harus hilang dari bumi Palestina,” katanya

(tdr/*)