Jahe, Lengkuas dan Sereh Ampuh Atasi Gatal Kulit, Nih Caranya

Jahe, Lengkuas dan Sereh (Foto: Istimewa)
Jahe, Lengkuas dan Sereh (Foto: Istimewa)

DepokToday- Selain baik untuk kesehatan tubuh, tanaman herbal jenis jahe, lengkuas dan sereh ternyata juga ampuh dalam mengobati penyakit gatal pada kulit. Lantas bagaimana cara menggunakannya?

Melansir chanel YouTube dr.Zaidul Akbar, salah satu cara untuk mengatasi penyakit gatal pada kulit adalah dengan menggunakan jahe, lengkuas dan sereh.

Baca Juga: Tokcer, Ini Resep Jitu Zaidul Akbar Hilangkan Pegal dan Kolesterol

Tiga tanaman herbal itu diyakini ampuh untuk mengatasi persoalan pada kulit, termasuk pada orang dengan kulit kering dan kerap luka saat digaruk.

Menurut dr. Zaidul Akbar, cara menggunakan jahe, lengkuas dan sereh untuk mengatasi hal tersebut sangatlah mudah.

“Caranya direbus. Setelah pakai air panas sampai keluar baunya, nah itu disaring lalu dia punya ampas ditumbuk. Setelah ditumbuk dikasih minyak zaitun, setelah itu dibaluri. Itu Insya Allah hilang,” katanya dikutip pada Selasa 23 November 2021.

Manfaat Jahe, Lengkuas dan Sereh

Data yang dihimpun menyebutkan, selain ampuh untuk mengatasi gatal pada kulit, sejumlah tanaman herbal itu juga memiliki beragam khasiat lainnya jika dikonsumsi secara teratur. Di antaranya mencegah berbagai penyakit berbahaya, meredakan peradangan.

Baca Juga: Eks Jenderal BAIS Dikerjai Mafia Tanah, BKD Depok: Kami Juga Korban

Kemudian, mengobati mual, menyehatkan pencernaan, menurunkan tekanan darah, menyeimbangkan kadar gula darah, membantu menjaga kadar kolesterol, meredakan rasa cemas.

Manfaat Daun Seledri

Lebih lanjut pendakwah yang dikenal dengan Jurus Sehat Rasulullah, dr. Zaidul Akbar juga mengungkapkan, ada banyak tanaman herbal di Indonesia yang bisa dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya adalah daun seledri.

Bahan yang biasanya ada di dapur ini dipercaya baik untuk tubuh, utamanya bagi dua penyakit.

“Dalam surat 78 Wajannatin Alfafa alfafa itu apa rumput-rumputan daun atau rumput hijau kayak begini ya sawi ya daun seledri,” katanya yang dikutip dari YouTube bisikan.com pada Senin 25 Oktober 2021.

Baca Juga: Dokter Zaidul Akbar Sarankan Para Wanita Hindari Makanan Ini, Efeknya Berbahaya

Menurut kajian dr. Zaidul Akbar, daun seledri bagus untuk bisa mendetoks liver.

“Daun seledri itu lagi trending banget tuh sebagai salah satu sayuran yang digunakan untuk mendetoks liver yang pertama,” ujarnya.

Adapun daun seledri juga bagus dikonsumsi bagi mereka yang memiliki masalah dengan hormon dan penyakit tiroid.

“Yang kedua untuk orang-orang tiroid semua orang yang bermasalah di hormon ujung-ujungnya biasanya akan pergi ke tiroid,” terangnya. (rul/*)