Jadwal Semifinal dan Perseteruan para Semifinalis Piala Eropa 2020

Trofi Piala Eropa 2020 mencari pemenangnya di Stadion Wembley, London, Inggris.(Foto: Retro Tangkapan Layar dari situs resmi UEFA)
Trofi Piala Eropa 2020 mencari pemenangnya di Stadion Wembley, London, Inggris.(Foto: Retro Tangkapan Layar dari situs resmi UEFA)

DEPOK—Turnamen Piala Eropa 2020 tinggal tiga pertandingan lagi. Saat ini tahapannya masuk semifinal. Spanyol, Italia, Denmark, dan Inggris sebagai semifinalisnya.

Usai menuntaskan pertandingan perempat final pada Minggu, 4 Juli 2021 dini hari WIB, drama Piala Eropa 2020 baru dimulai kembali pada Selasa 6 Juli dan Rabu 7 Juli 2021.

Semua waktu kick-off ditampilkan dalam CEST (Waktu Musim Panas Eropa Tengah). Adapun semua pertandingannya dimainkan di Stadion Wembley, London, Inggris.

Bila disamakan dengan Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), pertandingan semifinal Italia vs Spanyol berlangsung pada Rabu 7 Juli 2021 pukul 02:00 WIB.

DIBACA JUGA: Italia Singkirkan Belgia dari Piala Eropa 2020, Di Semifinal Jumpa Spanyol

Duel antara Italia kontra Spanyol bukanlah barang baru di pentas Piala Eropa. Laga semifinal ini adalah keempat berturut-turut di mana Italia bermain melawan Spanyol.

Pelatih Italia, Roberto Mancini, memberikan arahan kepada skuat dan tim ofisial.(Foto: Twitter Euro2020)
Pelatih Italia, Roberto Mancini, memberikan arahan kepada skuat dan tim ofisial.(Foto: Twitter Euro2020)

Di Piala Eropa 2008, Spanyol menang 4-2 melalui adu penalti setelah bermain imbang 0-0 di babak perempat final di Wina, Austria.

Empat tahun kemudian, mereka bermain imbang 1-1 di babak penyisihan grup di Gdansk, Polandia, dan kemudian bertemu lagi di final Kyiv, Ukraina, Spanyol menang 4-0. Italia membalikkan keadaan dengan kemenangan 2-0 di babak 16 besar di Stade de France, Prancis.

Pada kualifikasi Piala Dunia 2018, mereka bermain imbang 1-1 di Italia dan Spanyol menang 3-0 di kandang, dan mereka memiliki semifinal lainnya pada bulan Oktober di UEFA Nations League di Milan, Italia.

“Spanyol adalah yang berikutnya, tetapi semakin Anda maju, semakin sulit jadinya,” tegas Pelatih Italia, Roberto Mancini, dikutip uefa.com.

Italia, Spanyol, Inggris, dan Denmark, semifinalis Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Euro2020)
Italia, Spanyol, Inggris, dan Denmark, semifinalis Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Euro2020)

Semifinal Kedua

Pertandingan semifinal lainnya mempertemukan Inggris vs Denmark yang bertanding pada Kamis, 8 Juli 2021 dini hari WIB.

Inggris dan Denmark pernah bertemu sekali di Piala Eropa, hasil imbang 0-0 di babak penyisihan grup 1992 di Malmo, Swedia.

Skuat Inggris.(Foto: Twitter)
Skuat Inggris di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter)

Sepuluh tahun kemudian, Inggris memenangkan pertandingan babak 16 besar Piala Dunia dengan skor 3-0 di Niigata, Jepang.

DIBACA JUGA: Denmark dan Inggris Lengkapi Slot Semifinal Piala Eropa 2020

Baru-baru ini di UEFA Nations League, skor 0-0 di Kopenhagen, Denmark, pada September 2020 sebelum Tim Dinamit menang 1-0 di Wembley, London, Inggris, sebulan kemudian berkat penalti Christian Eriksen.

“Itulah tantangan bagi kami sekarang. Kami memiliki dua pertandingan dengan Denmark di musim gugur. Saya tahu betapa bagusnya mereka sebelumnya dan mereka telah membuktikannya lagi di turnamen ini,” jelas Pelatih Inggris, Gareth Southgate, mengomentari langkah Inggris berikutnya di semifinal.

(tdr/Sumber: uefa.com)