Jadwal Pelayanan SIM, Jika Habis Masa Berlaku Perpanjang di Tanggal Ini

Polisi melakukan sosialisasi pada pemohon SIM untuk menghindari praktik calo (istimewa)

DepokToday – Guna mendukung kegiatan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 4 hingga 2 Agustus mendatang. Akun Twitter TMC Polda Metro Jaya membagikan informasi jadwal pelayanan SIM.

Dalam informasi yang dilansir pada Jumat 30 Juli 2021 itu, pemberitahuan jadwal pelayanan SIM dibagikan melalui gambar poster yang berisi informasi pelayanan SIM yang dilakukan jajaran satpas Polda Metro Jaya, termasuk juga Depok.

“Dalam rangka mendukung perpanjangan PPKM Level 4 COVID-19 pelaksanaan pelayanan penerbitan SIM pada Satgas Jajaran Polda Metro Jaya sebagaimana berikut,” tulis dalam pemberitahuan itu.

Bagi pemegang SIM yang habis masa berlakunya pada Tanggal 3 Juli sampai 2 Agustus 2021. TMC Polda Metro Jaya membagikan jadwal yang dapat diperpanjang pada tanggal 3 sampai dengan 7 Agustus 2021 dengan mekanisme perpanjangan.

” Bagi pemegang SIM yang tidak melaksanakan perpanjangan pada tenggang waktu tersebut akan melaksanakan mekanisme penerbitan SIM baru,” tulis akun tersebut.

Baca Juga: Belum Tersentuh Bantuan, PPKM Bikin Sopir Angkot Depok Menjerit

Akun TMC Polda Metro Jaya tetap mengingatkan untuk menjaga protokol kesehatan ketika mengurus SIM dan kegiatan lainnya.

Perlu diketahui, setiap orang yang mengemudi kendaraan di jalan raya wajib mengantongi Surat Izin Mengemudi (SIM) sesuai dengan kendaraan yang dikemudikan. Hal itu diatur dalam Pasal 281.

Untuk biaya perpanjangan sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2016 tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak yaitu untuk SIM A Rp80.000,- dan Rp75.000,- untuk perpanjangan SIM C.

Untuk syarat yang harus dilengkapi, Foto Kopi KTP yang masih berlaku, Foto Kopi SIM lama dan SIM asli, Bukti cek kesehatan. (lala/*)