Italia Tim Pertama yang lolos ke 16 Besar Piala Eropa 2020

Kegembiraan pemain Italia usai memastikan satu tempat di babak 16 besar.(Foto: Twitter Euro2020)
Kegembiraan pemain Italia usai memastikan satu tempat di babak 16 besar.(Foto: Twitter Euro2020)

ROMA—Italia, salah satu dari 11 tuan rumah, menjadi tim pertama yang lolos ke babak 16 besar Piala Eropa 2020.

Tiket ke fase gugur ini didapat Azzurri usai mengalahkan Swiss 3-0 di pertandingan Grup A Piala Eropa di Stadion Olimpico, Roma, Kamis 17 Juni 2021 dini hari WIB.

Manuel Locatelli dan Ciro Immobile menjadi aktor di balik lolosnya sang tuan rumah ke fase gugur.

Locatelli menyumbang dua gol di menit 26 dan 52. Immobile memastikan kemenangan Italia menjadi 3-0 melalui golnya pada menit 89.

DIBACA JUGA: Italia Bidik Kemenangan Kedua Lawan Swiss di Olimpico

Berkat penampilan yang gemilang, Locatelli didapuk sebagai pemain terbaik pertandingan.

“Saya sangat bangga dengan penghargaan [Star of the Match] ini, tetapi saya ingin membaginya dengan seluruh tim; Saya pikir kami adalah tim yang luar biasa,” ungkap Locatelli dilansir uefa.com.

Manuel Locatelli.(Foto: Twitter Euro2020)
Manuel Locatelli.(Foto: Twitter Euro2020)

Gelandang Italia itu juga mengumbar dua gol yang dicetaknya untuk orang-orang terkasih.

“Gol pertama adalah untuk keluarga saya. Setelah melewati bola ke Berardi, saya mengikuti aksinya karena saya mengenalnya dengan baik, dan saya tahu dia akan melakukan sesuatu dengan itu. Yang kedua adalah untuk semua penggemar Italia, karena kami bermain untuk membuat mereka bahagia lagi,” terangnya.

Komentar Pelatih

Sementara, Pelatih Italia, Roberto Mancini, mengakui Swiss merupakan tim yang kuat meski Italia menang dengan tiga gol tanpa balas.

“Swiss adalah tim yang kuat. Kami tahu itu akan menjadi pertandingan yang sulit dan memang begitu. Kami menciptakan beberapa peluang dan pantas menang,” tegas Mancini.

Pemain Italia ketika merayakan gol.(Foto: Twitter Euro2020)
Pemain Italia ketika merayakan gol.(Foto: Twitter Euro2020)

Mancini melihat anak asuhnya sudah berjuang sejak awal laga dan hal itu sudah sangat bagus secara keseluruhan.

“Kami berjuang di menit-menit awal, tetapi kemudian kami menekan mereka tinggi-tinggi dan memaksa mereka membuat kesalahan. Para pemain melakukannya dengan sangat baik. Itu tidak mudah – pertandingan kedua mereka dalam lima hari dan itu sangat panas,” ulas Mancini.

DIBACA JUGA: Wales Bikin Turki Kalah Dua Kali Secara Berturut-turut

Di lain pihak, Vladimir Petkovic, mengucapkan selamat kepada Italia atas kemenangan sekaligus telah menyegel satu tempat di babak gugur. “Selamat kepada Italia, mereka memainkan sepak bola yang hebat,” tutur Petkovic.

Disinggung soal kecewa dengan hasil ini, Petkovic tidak menampiknya. Namun menurutnya, asa untuk mengikuti jejak Italia ke 16 Besar bukan suatu mustahil bagi Swiss.

“Setiap orang berhak untuk kecewa malam ini, tetapi besok dari sesi latihan pertama kami melanjutkan. Saya berbicara dengan tim dan memberi tahu mereka bahwa ada pertandingan tersisa, dan tiga poin bisa membawa kami ke babak berikutnya,” demikian Petkovic.

(tdr/*)