Italia Susul Denmark ke Perempat Final Piala Eropa 2020

Gol kedua Italia yang dicetak oleh Matteo Pessina.(Foto: Twitter Euro2020)
Gol kedua Italia yang dicetak oleh Matteo Pessina.(Foto: Twitter Euro2020)

LONDON—Italia maju ke perempat final Piala Eropa 2020 setelah mengalahkan Austria 2-1 di Stadion Wembley, London, Minggu 27 Juni 2021 dini hari WIB.

Italia—salah satu tuan rumah yang juga tim favorit Piala Eropa 2020—harus menuntaskan laga babak 16 besar melawan Austria hingga waktu 120 menit.

Kegembiraan pemain Italia usai mengalahkan Austria 2-1.(Foto: Twitter Euro2020)
Kegembiraan pemain Italia usai mengalahkan Austria 2-1.(Foto: Twitter Euro2020)

Di babak perpanjangan waktu itu, Italia baru berhasil mencetak dua gol setelah di waktu normal 2X45 menit bermain imbang tanpa gol dengan Austria.

Dua pemain pengganti Italia, Federico Chiesa dan Matteo Pessina, berperan penting dalam pertandingan ini. Mereka yang mengantarkan Italia menyusul Denmark ke babak perempat final Piala Eropa 2020.

Italia baru dapat membobol gawang Austria pada menit 95 melalui Federico Chiesa yang menggantikan Domenico Berardi dimenit 85.

Pelatih Italia, Roberto Mancini (kanan), menyambut kemenangan timnya atas Austria.(Foto: Twitter Azzurri)
Pelatih Italia, Roberto Mancini (kanan), menyambut kemenangan timnya atas Austria.(Foto: Twitter Azzurri)

Gol pembuka Chiesa membakar semangat Gli Azzurri, julukan Italia. Di menit ke-105, Italia mampu menggandakan keunggulan. Lagi-lagi melalui pemain pengganti. Kali ini Matteo Pessina tercatat di papan skor. Pessina masuk ke lapangan menggantikan Nicolo Barella di menit 67.

Seusai laga, Pessina mengaku sangat senang dapat mencetak gol untuk Italia. “Saya masih mencoba untuk mencetak gol saya melawan Wales, jadi bayangkan bagaimana rasanya. Saya akan mengingatnya selama sisa karir saya. Di tim ini semua orang bisa mencetak gol dan ini adalah kekuatan utama kami – kami adalah tim yang hebat,” kata pemain yang berposisi sebagai gelandang itu.

Pulang Kampung

Tertinggal 0-2 dari Italia ketika pertandingan babak perpanjangan waktu tersisa 15 menit lagi, Austria mencoba mempersempit selisih gol.

Upaya Austria membuahkan hasil. Saat laga tersisa enam menit, Sasa Kalajdzic mencetak gol. Skor berubah menjadi 1-2 pada menit 114.

Pertandingan semakin seru, Italia mencoba mempertahankan keunggulan sementara Austria terus berupaya menyamakan kedudukan. Tapi hingga babak perpanjangan waktu selesai, skor tak berubah 1-2 untuk kemenangan Italia.

Pemain Austria ketika menerima kekalahan dari Italia.(Foto: Twitter Euro2020)
Pemain Austria ketika menerima kekalahan dari Italia.(Foto: Twitter Euro2020)

“Tidak mudah untuk mengungkapkannya dengan kata-kata. Kami bisa bangga dengan diri kami sendiri, Austria bisa bangga dengan kami. Kami memberikan segalanya tetapi pada akhirnya kami tidak dihargai atas penampilan kami. Itu sangat sulit untuk dilakukan,” tegas Kapten Austria, David Alaba.

Kekalahan ini mengakibatkan Austria pulang kampung dari Piala Eropa 2020, mengikuti jejak Wales yang tumbang atas Denmark 0-4.

DIBACA JUGA: Babak 16 Besar Piala Eropa 2020, Lihat Disini Tim dan Jadwal Lengkapnya

Italy tetap bertahan di turnamen ini. Anak asuh Roberto Mancini akan tanding di laga perempat final tanggal 2 Juli 2021 di Munchen, Jerman.

Italia akan berjumpa dengan pemenang pertandingan babak 16 besar antara Belgia vs Portugal yang akan berlangsung Senin 28 Juni 2021 dini hari WIB.

(tdr/*)