Italia Singkirkan Belgia dari Piala Eropa 2020, Di Semifinal Jumpa Spanyol

Pemain Belgia tak kuasa menahan haru karena tersingkir dari Piala Eropa 2020 usai dikalahkan Italia 1-2.(Foto: Twitter EURO2020)
Pemain Belgia tak kuasa menahan haru karena tersingkir dari Piala Eropa 2020 usai dikalahkan Italia 1-2.(Foto: Twitter EURO2020)

MUNCHEN—Italia menyingkirkan Belgia dari turnamen Piala Eropa 2020 usai memetik kemenangan 2-1 pada babak perempat final di Allianz Arena, Munchen, Sabtu 3 Juli 2021 dini hari WIB.

Italia—salah satu tim tuan rumah Piala Eropa 2020—berhak melaju ke babak semifinal turnamen Benua Biru edisi ke-16 ini. Di fase empat besar itu, Italia akan berjumpa Spanyol di Stadion Wembley, London, Inggris, tanggal 6 Juli 2021.

DIBACA JUGA: Menang Tos-tosan, Spanyol Lolos ke Semifinal Piala Eropa 2020

Dari arena pertandingan 2X45 menit, Italia mencetak gol lebih dulu di menit 31 melalui Nicolo Barella. 

Lorenzo Insigne.(Foto: Twitter EURO2020)
Lorenzo Insigne.(Foto: Twitter EURO2020)

Pada menit 44, Lorenzo Insigne menggandakan keunggulan Gli Azzurri menjadi 2-0. Tiga menit kemudian (45+2), Belgia mampu mempersempit margin gol menjadi 2-1 lewat eksekusi tendangan penalti Romelu Lukaku.

Skor 2-1 tidak hanya bertahan sampai jeda babak pertama, tapi juga tidak berubah hingga babak kedua berakhir.

“Kami mencetak dua gol dan kami seharusnya bisa mencetak lebih banyak lagi. Saya pikir kemenangan sepenuhnya pantas. Spanyol adalah yang berikutnya, tetapi semakin Anda maju semakin sulit. Malam ini, bagaimanapun, kami hanya ingin memikirkan penampilan kami dan kemenangan kami,” urai Pelatih Italia, Roberto Mancini.

Roberto Mancini.(Foto: Twitter)
Roberto Mancini.(Foto: Twitter)

“Saya tidak berpikir kami terlalu menderita di setiap momen pertandingan. Untuk mengalahkan tim seperti Belgia, Anda membutuhkan penampilan hebat dari semua orang dan inilah yang terjadi hari ini,” sambung Mancini dilansir uefa.com.

Martinez Bangga

Sementara, Pelatih Belgia, Roberto Martinez, mengakui timnya sudah berbuat semaksimal mungkin menghadapi Italia. Dan Martinez bangga dengan apa yang sudah dilakukan anak asuhnya sepanjang pertandingan.

“Kami tidak beradaptasi dengan babak pertama sebaik yang dilakukan Italia. Tetapi para pemain ingin melawan selama babak kedua. Sayangnya satu tim harus kalah hari ini dan itu adalah kami,” paparnya.

“Gol kedua itu akan telah memberi kami momentum dan mungkin kami bisa menang. Tapi kami tidak bisa mendapatkan apa yang kami inginkan. Tapi saya bangga dengan sikap dan komitmen tim,” tambahnya.

Sekadar informasi, malam ini dan dini hari nanti, dua pertandingan perempat final Piala Eropa 2020 akan dimainkan. Babak semifinal tersisa dua tempat lagi dan menunggu pemenang Republik Ceko vs Denmark dan Ukraina vs Inggris.

(tdr/*)