Italia dan Inggris Sama-sama Lapar Gelar Juara Eropa

Trofi kejuaraan Piala Eropa dengan latar belakang Stadion Wembley.(Foto: Tangkapan layar situs resmi UEFA)
Trofi kejuaraan Piala Eropa dengan latar belakang Stadion Wembley.(Foto: Tangkapan layar situs resmi UEFA)

JAKARTA—Italia dan Inggris akan bertemu di final Piala Eropa 2020 di Stadion Wembley, London, Inggris, Senin 12 Juli 2021 dini hari WIB. Kedua tim sama-sama lapar gelar juara Eropa.

DIBACA JUGA: Eksekusi Penalti Olmo dan Morata Gagal, Italia ke Final Piala Eropa 2020

Italia dan Inggris memulai debut mereka di Piala Eropa 1968. Di ajang tersebut, Italia menjadi juara di tanah sendiri, Stadion Olimpico, Roma. Dan hingga kini, Gli Azzurri tak pernah mencicipi kembali gelar juara.

Italia memenangkan trofi kejuaraan Piala Eropa 1968.(Foto: uefa.com)
Italia memenangkan trofi kejuaraan Piala Eropa 1968.(Foto: uefa.com)

Inggris di Piala Eropa edisi ketiga itu menempati posisi juara tiga, dan sampai saat ini The Three Lions sama sekali naik podium juara Eropa.

Baru di Piala Eropa 2020 Inggris mencatatkan sejarah kali pertama menembus partai final. DIBACA JUGA: Sejarah! Inggris Menembus Babak Final Piala Eropa

Penampilan terbaik Inggris selama sembilan kali ikut Piala Eropa hanya sampai semifinal, masing-masing di Piala Eropa 1968 dan Piala Eropa 1996.

Pemain Inggris menyapa pendukungnya di Stadion Wembley.(Foto: Twitter Euro2020)
Pemain Inggris menyapa pendukungnya di Stadion Wembley.(Foto: Twitter Euro2020)

Dibandingkan Inggris, Italia mendominasi dalam hal menembus babak final. Italia tercatat dua kali tampil di final Piala Eropa (2000 dan 2012—red), setelah finalis dan juara Piala Eropa 1968.

Pertemuan Sebelumnya

Dikutip uefa.com, Italia dan Inggris telah saling berhadapan sebanyak 27 kali, dimana hasilnya Gli Azzurri menang 11 kali dan Inggris delapan kali, sedangkan delapan kali bermain seri.

DIBACA JUGA: Ketemu Italia di Final, Begini Komentar Juru Taktik Inggris

Italia gagal memenangkan salah satu dari delapan pertemuan pertama tim; Inggris telah berhasil meraih kemenangan tunggal dalam tujuh pertandingan terakhir.

Pemain Italia gembira setelah Jorginho memastikan kemenangan Italia.(Foto: Twitter Euro2020)
Pemain Italia gembira setelah Jorginho memastikan kemenangan Italia atas Spanyol di semifinal Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Euro2020)

Inggris menderita kekalahan di penghujung turnamen di pertemuan Piala Eropa kedua tim sebelumnya. Gol menit akhir Marco Tardelli membuat tuan rumah Azzurri menang 1-0 di babak penyisihan grup Piala Eropa 1980 sementara Italia menang lewat adu penalti (ingat Panenka-nya Andrea Pirlo!) di perempat final Piala Eropa 2012.

Italia tidak pernah kalah dari Inggris di final turnamen besar, dengan kemenangan 2-1 Piala Dunia pada tahun 1990 (perebutan tempat ketiga) dan Piala Dunia 2014 (babak penyisihan Grup D).

DIBACA JUGA: Italia Ingin Menyudahi 53 Tahun Puasa Gelar Juara Piala Eropa di Wembley

Sekarang Italia dan Inggris sama-sama mengincar trofi Eropa 2020 untuk mengobati dahaga gelar juara yang dialami Italia selama 53 tahun, dan untuk pertama kalinya bagi Inggris di turnamen edisi ke-16 ini.

(tdr/*)