Irspala Citayam dan DepokToday Sampai di Puncak Gunung Gede

Irspala Citayam berhasil sampai di Puncak Gunung Gede, Jawa Barat.(Foto: DepokToday/Imam Alle)

GUNUNG Gede dengan ketinggian 2.958 Meter Diatas Permukaan Laut (MDPL) merupakan gunung api stratovolcano yang berada di pulau Jawa.

Gunung tersebut berada dalam lingkup Taman Nasional Gede Pangrango (TNGP). Gunung Gede merupakan satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980.

Pihak TNGP pun sudah menerapkan prosedur untuk para pengunjung atau dikenal dengan Surat izin masuk kawasan konservasi (Simaksi) yaitu berupa identitas diri dan surat keterangan sehat dari dokter.

Gunung Gede mempunyai tiga jalur pendakian, yakni Selabintana Sukabumi, Cibodas dan Putri Cipanas.

Dibaca Juga: https://depoktoday.hops.id/komunitas-pendaki-citayam-berbagi-pengalaman-mendaki-gunung/

Dan beberapa waktu lalu, Jumat-Minggu (27-29 November 2020), Ikatan Remaja Setu Pecinta Alam (Irspala) Citayam mengajak beberapa pendaki pemula untuk mendaki Gunung Gede, Jawa Barat. Wartawan DepokToday juga termasuk di rombongan itu.

Pendakian ke Gunung Gede melalui lintasan Cibodas dan turun via Putri Cipanas, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat.

Sebelum pendakian dimulai, mentor memberikan edukasi mulai dari persiapan, peralatan, perbekalan, mengenal topograpi gunung (navigasi ), iklim, medan dan cuaca.

Banyak pengalaman, pelajaran dan pembekalan yang didapat saat pendakian. Kebersamaan, saling peduli, gotong royong dan hal positif lainnya. Dan salah satu jalur yang sangat menantang adalah air panas dan tanjakan setan.

Jana dan Jaya, pendaki kembar pemula, mengakui jalur air panas dan tanjakan setan memberi makna dalam kehidupan sehari-hari.

“Jalur air panas dan tanjakan setan sangat bermakna bagi kita dalam menjalani kehidupan sehari hari, seperti kesabaran, kehati-hatian, kekompakan dan saling peduli sesama,” kata Jana dan Jaya kompak.

Mereka sangat bersyukur sebagai pendaki pemula bisa menapaki puncak Gunung Gede bersama team lainnya.

Sedangkan Sabrina, pendaki pemula usia 15 tahun yang sudah 2 kali ini menaklukan puncak Gunung Gede, sangat gembira.

Menurutnya, hobi mendaki gunung dapat menambah wawasan tentang alam raya dan juga bertemu orang-orang baru.

“Sangat senang karena di alam ini kita dapat bertemu kawan-kawan baru sesama pendaki dari Jabodetabek maupun luar daerah lainnya,” aku Sabrina.

“Dan pastinya mensyukuri alam yang sudah begitu indahnya yang mengajarkan kita segala hal, untuk itu marilah kita selalu jaga kelestariannya,” Sabrina menambahkan.

Irspala Citayam bertemu dengan pendaki cilik dari Cengkareng, Jakarta Barat.(Foto: DepokToday/Imam Alle)

Sementara itu, saat di jalur pendakian Irspala Citayam dan DepokToday bertemu dengan pendaki cilik kembar bersama keluarganya, Annisa Triwardana dan Assyfa Triwardana. Pendaki bocah itu berasal dari Cengkareng, Jakarta Barat.

Menurut orang tuanya, mereka ingin melatih kesabaran, hidup mandiri dan menanamkan kepercayaan diri.

(Imam Alle)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here