Intan Fauzi Ungkap Peran Penting Guru Bagi Generasi Bangsa

Anggota DPR RI Fraksi PAN, Intan Fauzi (Istimewa)

BEJI- Anggota DPR RI Fraksi PAN, Intan Fauzi menegaskan, guru adalah elemen penting dalam menumbuhkembangkan semangat empat pilar di Tanah Air. Menurutnya ada banyak hal yang harus diijaga dari generasi bangsa saat ini.

“Indonesia sebagai negara besar dengan keanekaragaman suku, agama dan budaya yang tersebar di sekitar 17 ribu pulau harus memiliki konsepsi yang jelas untuk menopang kebesarannya,” katanya saat menghadiri sosialisasi kebangsaan di Yayasan Taufiqurrahman, Beji, Depok pada Selasa 9 Februari 2021

Baca Juga : Manfaatkan Rumah Sakit, Modus Sindikat Narkoba Kelabui Polisi

Intan menjelaskan, konsepsi empat pilar kebangsaan meliputi Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Maka sesuai dengan amanah undang-undang, anggota MPR/DPR memiliki tugas untuk mensosialisasikan dan memasyarakatkan empat pilar.

“Penguatan dan sosialisasi empat pilar kebangsaan sangat penting, untuk memupuk dan membangun masyarakat yang memiliki wawasan kebangsaan dan cinta tanah air, serta untuk memperkuat benteng pertahanan Negara,” ujarnya

Wakil rakyat Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Barat 6 (Kota Depok-Kota Bekasi) ini memaparkan, di tengah pandemi COVID-19, kesatuan dan persatuan harus dirawat dengan baik agar dapat melewati masa sulit seperti sekarang ini.

“Karena di tengah pandemi ini, banyak pihak yang meninginkan bangsa ini terpecah. Kita tidak boleh terprovokasi.”

Ia menegaskan, guru merupakan elemen penting di dalam menumbukembangkan semangat empat pilar tersebut, terlebih di era digitalisasi sekarang ini, tantangan yang dihadapi tidak lagi satu arah, melainkan banyak arah, termasuk melalui media sosial.

Karenanya, itu harus segera diimbangi dengan berbagai pendidikan karakter.

“Saya berharap bapak dan ibu Guru di SMP Islam Taufiqurrahman dapat membimbing muridnya dalam memanfaatkan medsos dengan benar. Ini penting agar para siswa tidak menjadi konsumen dan produsen berita berita hoaks,” tuturnya

Intan mengungkapkan, esensi dari pendidikan itu adalah mempersiapkan anak-anak kita yang menjadi penerus bangsa dalam membangun kejayaan bangsa. Maka dia minta guru agar empat pilar kebangsaan ditanamkan pada anak-anak.

“Saya yakin, bapak dan ibu guru memiliki  banyak inovasi yang bisa dilakukan untuk menanamkan semangat empat pilar ini. Ukhuwah Islamiyah habluminannas, hubungan dengan manusia selain Habluminallah, hubungan dengan Allah, merupakan ajaran Islam yang sejalan dengan Pancasila.”

Lebih lanjut Intan mengatakan, salah satu musuh terbesar saat ini adalah bahaya narkoba. Bahkan, Indonesia sudah masuk pada fase darurat narkoba.

“Untuk itu, sekolah berbasiskan Islam, SMP Islam Taufiqurrahman harus menjadi garda terdepan dalam mengantisipasi penyalahggunaan narkoba karena dilarang oleh agama dan merusak sendi bangsa.  Perang terhadap narkoba merupakan salah satu bentuk nyata membumikan 4 pilar kebangsaan di sekolah,” katanya. (rul/*)