Insentif Nakes Rp30 Miliar Dibayar Lunas, Mendagri Minta Daerah Lain Contoh Depok

Mendagri Tito Karnavian dan Wali Kota Depok Mohammad Idris di Balai Kota Depok (DepokToday.com)
Mendagri Tito Karnavian dan Wali Kota Depok Mohammad Idris di Balai Kota Depok (DepokToday.com)

DEPOK – Hingga saat ini, Pemerintah Kota Depok telah mengeluarkan anggaran insentif tenaga kesehatan atau Nakes di Depok sebesar Rp 30 miliar. Pembayaran insentif kepada garda terdepan penanganan COVID-19 ini dibayar lunas hingga Juni kemarin.

Hal itu disampaikan Wali Kota Depok Mohammad Idri usai melaksanakan rapat kordinasi dengan Menteri Dalam Negeri atau Mendagri Tito Karnavian di Balaikota Depok pada Jumat 23 Juli.

“Nakes Alhamdulillah dari November itu sampe Juni insentif nakes sudah terbayarkan, semuanya sebanyak 30-an miliar seluruhnya,” papar dia.

Sedangkan untuk insentif Juli hingga Desember mendatang, pihaknya telah menyiapkan anggaran sebesar 40 miliar. “Harus kita bayarkan kepada mereka. Ini sudah komitmen kita,” jelas dia.

Langkah ini diapresiasi oleh Mendagri Tito. Sebab, dirinya sempat menginstruksikan kepada kepala daerah untuk mempercepat pencairan anggaran Nakes ini.

Baca juga: Mendagri Tito ke Depok, Instruksikan Jurus Penting Ini untuk Tekan COVID

“Saya ucapkan terimakasih banyak kepada bapak Wali Kota Depok, saya tadi sangat senang sekali karena sudah mencairkan terkait bansos, 100 persen sampai dengan bulan Juni, saya juga minta kepada daerah lainnya bisa melakukan hal yang sama,” terang dia.

Dia mengarakan, sebelumnya telah memberikan surat teguaran kepada 19 Gubernur yang belum memberikan insentif nakes tersbeut.

“Saya ucapkan terimakasih kepada beberapa gubernur yang langsung merespon, Sumaterta Selatan, Sulawesi Selatan, Sumatera Barat. Bali dan Jogja, yang langsung mempercepat pencairan insentif bagi tenaga kesehatan,” sebut dia. (lala/*)