Inilah Nama Bola yang Dipakai pada Pertandingan Piala Eropa 1968—2020

Bola-bola yang dipakai pada kejuaraan Piala Eropa sejak 1968—2020.(Foto: UEFA)
Bola-bola yang dipakai pada kejuaraan Piala Eropa sejak 1968—2020.(Foto: UEFA)

ROMA—Dari Telstar Elast hingga Uniforia, UEFA.com merangkum lengkap bola yang digunakan pada pertandingan Piala Eropa sejak 1968 hingga 2020.

Akan tetapi tidak ada catatan tentang desain atau nama untuk bola pertandingan resmi pada Piala Eropa tahun 1960 dan 1964.

1968: Telstar Elast

Adidas Telstar dinamai dari satelit komunikasi Telstar, yang kira-kira bulat dan dihiasi dengan panel surya—agak mirip dalam penampilan sepak bola.

1972: Telstar Durlast

Bola turnamen di Belgia adalah inkarnasi baru dari pendahulunya empat tahun sebelumnya; Telstar Durlast menampilkan lapisan baru dan teknologi yang ditingkatkan yang meningkatkan ketahanannya terhadap air.

1976: Telstar Durlast

Laminasi (pelapisan bahan tipis-red) lebih lanjut dari bola ini membuatnya lebih tahan terhadap asupan air.

1980: Tango River Plate

Yang pertama dari desain Tango baru yang digunakan untuk Piala Eropa. Itu juga telah digunakan di Piala Dunia 1978 dan mengacu pada budaya negara tuan rumah, Argentina.

1984: Tango Mundial

Bola non-kulit pertama, menampilkan material baru dan sistem pelapisan yang disempurnakan untuk menambah bantalannya. Ini adalah bola pertandingan resmi pertama yang menggabungkan desain Eropa yang dipesan lebih dahulu untuk turnamen tersebut.

1988: Tango Europa

Lapisan yang disempurnakan dan penyegelan jahitan ditambahkan untuk melindungi bola dari penetrasi air.

1992: Etrusco Unico

Juga digunakan pada Piala Dunia 1990 di Italia dan Olimpiade Musim Panas 1992 di Barcelona, ​​bola ini mengambil nama dan desain yang rumit dari sejarah kuno Italia dan seni bangsa Etruria. Tiga kepala singa Etruria menghiasi masing-masing dari 20 triad Tango.

1996: Questra Europa

Bola pertandingan Piala Eropa resmi pertama yang menampilkan warna, ini adalah varian dari Questra yang digunakan pada Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat. Desain Piala Eropa ’96 datang dengan singa dan mawar merah, simbol dari tuan rumah Inggris.

2000: Terrestra Silverstream

Judul dan desain bola ini terkait dengan perairan negara tuan rumah Belgia dan Belanda. Ini menandai terobosan teknologi adidas, lapisan luar baru yang membuat bola lebih lembut saat disentuh, lebih mudah dikendalikan, dan lebih akurat.

2004: Roteiro

Roteiro adalah kata Portugis yang diterjemahkan sebagai ‘peta jalan’ atau ‘bagan navigasi’ dan merujuk pada penemuan yang dibuat oleh penjelajah Portugis – terutama Vasco da Gama – pada abad ke-15 dan ke-16.

DIBACA JUGA: Mengenal Tuan Rumah Piala Eropa 2020; London, Inggris

Untuk pertama kalinya dalam turnamen besar, setiap bola pertandingan individu ditorehkan untuk menampilkan nama tim, tanggal, stadion, dan koordinat lingkaran tengah.

2008: Europass

Terdiri dari 14 panel, bukan 32 panel biasa, Europass memiliki tekstur khusus pada permukaannya yang dirancang untuk memberikan cengkeraman yang lebih besar kepada kiper dan pemain outfield. Bola perak Europass Gloria dikerahkan untuk final.

2012: Tango 12

Menandakan kembalinya seri Tango tahun 1980-an, desain bola pertandingan PIala Eropa 2012 menyertakan garis berwarna yang terinspirasi oleh bendera tuan rumah bersama Polandia dan Ukraina.

DIBACA JUGA: Prediksi Pertandingan Piala Eropa 2020 Grup C dan D

Terukir ke dalam desain Tango adalah tiga grafis dipesan lebih dahulu yang merayakan seni dekoratif pemotongan kertas, sebuah tradisi di daerah pedesaan di kedua negara tuan rumah.

2016: Beau Jeu

Digunakan untuk penyisihan grup Piala Eropa 2016, Beau Jeu – yang diterjemahkan sebagai ‘permainan indah’ ​​– berwarna biru, putih dan merah untuk menghormati bendera Tricolor Prancis.

Ini juga mengintegrasikan sorotan perak yang mengacu pada trofi Kejuaraan Eropa UEFA. Varian desain Beau Jeu, Fracas ikut bermain untuk babak sistem gugur.

2020: Uniforia

Terungkap pada November 2019, Uniforia dinamai berdasarkan persatuan dan euforia yang dapat dibawa oleh kompetisi tim nasional tingkat atas. EURO 2020 akan berlangsung di 11 negara Eropa dan Uniforia dirancang untuk merayakan inklusivitas ini.

DIBACA JUGA: Pembagian Grup dan Jadwal Pertandingan Piala Eropa 2020

Desainnya menunjukkan garis gaya sapuan kuas hitam yang berani melintasi bola, melambangkan kaburnya batas dan melintasi batas sebagai cerminan format lintas benua baru kompetisi. Sapuan lebar ini diselingi dengan kilatan warna-warna terang, mewakili keragaman turnamen dan perpaduan budaya yang berbeda.

Sumber: uefa.com