Inilah 12 Tim Asia yang Lolos ke Babak Penentu Piala Dunia 2022

12 Tim yang akan berlaga di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.(Foto: Twitter AFC)
12 Tim yang akan berlaga di babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia.(Foto: Twitter AFC)

KUALA LUMPUR—Sebanyak 12 tim melaju ke babak ketiga kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Ke-12 tim juga memastikan tiket ke Piala Asia 2023 di Cina.

Babak ketiga adalah fase penentuan untuk dapat berlaga di Piala Dunia tahun depan yang berlangsung di Qatar.

Vietnam adalah pendatang baru, karena tim Asia Tenggara ini bergabung dengan 11 tim yang berlangganan tampil pada tahap kualifikasi ketiga.

DIBACA JUGA: Pelajaran Berharga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Suriah, yang mengamankan posisi mereka sebagai juara Grup A setelah mencatatkan tujuh kemenangan beruntun yang fantastis, bergabung dengan Cina PR dengan tim Asia Timur maju sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik.

China PR mengkonfirmasi tempat mereka setelah mengalahkan Suriah 3-1 pada hari Selasa 15 Juni 2021.

Australia, yang telah memastikan tempat mereka di babak ketiga kualifikasi pekan lalu, menyelesaikan kampanye Grup B mereka dengan kemenangan 1-0 atas Yordania.

Dari Grup C, Republik Iran juga menyelesaikan pertandingan dengan empat kemenangan sejak dimulainya kembali babak kualifikasi kedua ini. Iran mengalahkan Irak 1-0 untuk menyegel posisi teratas.

Kabar baik bagi Irak adalah mereka juga maju sebagai salah satu runner-up terbaik, berkat konsistensi mereka sepanjang putaran kedua kualifikasi.

DIBACA JUGA: Indonesia Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Arab Saudi berada dalam kondisi terbaik mereka dengan memastikan posisi teratas di Grup D dengan kemenangan 3-0 atas Uzbekistan.

Kampanye luar biasa Oman dihargai dengan tim asuhan Branko Ivankovic itu maju dari Grup E sebagai salah satu dari lima runner-up terbaik. Tim Asia Barat ini mengalahkan Bangladesh 3-0 untuk menyelesaikan kampanye mereka dengan 18 poin yang mengesankan.

Pemenang Grup E, Qatar, telah mengamankan tempat mereka di Final Piala Dunia 2022 sebagai tuan rumah.

Jepang adalah tim lainnya untuk menyelesaikan kampanye putaran kedua mereka dengan rekor sempurna delapan kemenangan.

Jepang yang dibesut Hajime Moriyasu mengalahkan Republik Kirgistan 5-1 dalam pertandingan terakhir Grup F. Tim berjuluk Samurai Biru sekarang akan konsentrasi di babak kualifikasi ketiga untuk dapat lolos ke Piala Dunia tujuh kali berturut-turut.

Vietnam Lolos

Grup G, Uni Emirat Arab (UEA) mengakhiri kebangkitan mereka dengan kemenangan 3-2 yang mendebarkan atas Vietnam untuk finis di puncak klasemen akhir. DIBACA JUGA: UEA Akhirnya Depak Vietnam dari Puncak Klasemen Grup G

Vietnam yang berasal dari Asia Tenggara juga dihargai atas penampilan bagus mereka dengan menyegel satu tempat di babak final kualifikasi Piala Dunia 2022 sebagai salah satu runner-up terbaik.

Sementara itu, Republik Korea telah menyelesaikan kampanye Grup H mereka pada hari Minggu, 13 Juni 2021, dengan kemenangan 2-1 atas Lebanon.

Taeguk Warriors—julukan Republik Korea— sekarang akan berharap untuk menyegel tempat di putaran final Piala Dunia untuk edisi ke-10 berturut-turut.

Kabar baik bagi Lebanon adalah bahwa mereka menyegel tempat kelima atau tiket terakhir yang tersedia untuk runner-up terbaik.

(Sumber: afc.com)