Ini Sumber Dana KKB Papua untuk Beli Senjata Lawan TNI

KKB Papua (Foto: Istimewa)
KKB Papua (Foto: Istimewa)

DepokToday- Dandim 1715 Yahukimo, Papua, Letkol Inf Christian Irruew menduga kuat pasokan senjata berikut amunisi yang digunakan KKB Papua pimpinan Tendius Gwijangge dibeli dari negara tetangga Indonesia, yakni Papua Nugini.

Senjata tersebut digunakan KKB saat kontak tembak dengan TNI di Suru-suru, Yahukimo, Papua pada Sabtu 20 November 2021. Akibat peristiwa ini, satu prajurit TNI tewas dan satu orang lainnya luka-luka.

“Memang ada indikasi KKB mendapat pasokan dari PNG sehingga kontak tembak cukup lama, seperti yang terjadi di Koramil Persiapan Suru-Suru,” kata Christian melansir Hops.id jaringan DepokToday.com pada Selasa 23 November 2021.

Baca Juga: Eks Jenderal BAIS Dikerjai Mafia Tanah, BKD Depok: Kami Juga Korban

Kontak senjata antara KKB dan TNI berlangsung cukup lama. Namun demikian, belum diketahui secara pasti berapa jumlah serta kekuatan senjata yang digunakan kelompok tersebut pada saat kejadian itu.

Soal apakah kedua korban tembak saat itu berada di Koramil atau di luar juga belum dapat dipastikan.

“Saya sudah meminta anggota Koramil membuat laporan lengkapnya,” tuturnya.

Sumber Dana KKB Papua

Menurut keterangan yang berhasil dihimpun Christian, , senjata api dan amunisi yang digunakan KKB Papua dalam baku tembak itu dibeli dari hasil menjual emas pendulangan.

Ia pun tak menampik, Kabupaten Yahukimo dikenal memiliki beberapa lokasi pendulangan emas.

Baca Juga: Jahe, Lengkuas dan Sereh Ampuh Atasi Gatal Kulit, Nih Caranya

Untuk mengantipasi adanya aksi lanjutan, seluruh prajurit sudah diperintahkan untuk bersiaga mengingat sebelum insiden penyerangan di Koramil Suru-suru, sudah ada informasi tentang KKB yang akan menyerang Kodim dan pos-pos militer.

“Anggota saat ini bersiaga guna mengantisipasi terjadinya serangan di pos-pos,” kata Christian Irreuw.

Baca Juga: Kejari Depok Bakal Jerat Pembunuh TNI dengan 3 Pasal Ini  

Diberitakan sebelumnya, seorang prajurit TNI atas nama Sertu Ari Baskoro tewas dalam penembakan yang dilakukan oleh KKB. Jenazah kemudian diterbangkan ke Surabaya untuk selanjutnya dikirim ke kampung halamannya di Kendal, Jawa Tengah.

Dalam peristiwa itu, satu prajurit TNI lainnya atas nama Kapten Infanteri Arviandi yang merupakan Komandan Koramil Suru-suru juga turut terluka dan dilarikan ke RST Marthen Indey, Jayapura. (rul/*)