Ini Sembilan Rumah Sakit di Depok yang Sediakan Penangkal Bisa Ular

Kadinkes Depok, dokter Novarita (DepokToday, rul)

MARGONDA– Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Depok mencatat ada sembilan rumah sakit yang telah menyediakan serum untuk menanggulangi bisa atau racun ular di Kota Depok, Jawa Barat. Antisipasi tim medis ini dilakukan menyusul maraknya fenomena kemunculan ular di pemukiman warga sejak beberapa pekan terakhir.

          Kepala Dinkes Kota Depok, dokter Novarita mengungkapkan, sembilan rumah sakit yang telah memiliki stok Serum Anti Bisa Ular atau Sabu itu diantaranya, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Depok, Rumah Sakit Hasanah Graha Afiah (RS HGA), Rumah Sakit Universitas Indonesia (RSUI).

Kemudian, Rumah Sakit Bhakti yudha, Rumah Sakit Sentra Medika, Rumah Sakit Mitra Keluarga, Rumah Sakit Citra Arafiq, Rumah Sakit Tugu Ibu dan Rumah Sakit Meilia.

“Sembilan rumah sakit ini menyedikan serum anti bisa/racun ular sama semua. Kategorinya saya lupa, intinya mereka punya stok,” katanya pada wartawan, Jumat 20 Desember 2019

          Ketika disingung apakah hal itu ada kaitannya dengan maraknya temuan ular dan jatuhnya beberapa korban, Novarita pun tak menampiknya.

“Sebenarnya serum ini disiapkan sama seperti anti rabies hanya saja jumlahnya yang mengikuti kebutuhan. Ada antisipasi, jadi jumlahnya atau stoknya ditingkatkan.”

          Lebih lanjut saat dikonfirmasi berapa jumlah korban yang tercatat akibat serangan ular di Kota Depok, Novarita mengaku belum mengetahui secara detail. “Kalau itu (jumlah korban) saya belum dapat info keseluruhan, baru data sementara ada di RSUD,” ujarnya. (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here