Ini Penyebab Wanita Rentan Kesurupan, Begini Cara Menangkalnya

Ilustrasi remaja wanita kesurupan (Istimewa)
Ilustrasi remaja wanita kesurupan (Istimewa)

DepokToday- Kesurupan, adalah salah satu kejadian mistis yang sering terjadi di Indonesia dan berbagai negara lain yang masih kental unsur tradisinya. Biasanya, yang lebih sering menjadi korban adalah kaum wanita.

Dilansir dari fimela.com, ketika kesurupan, seseorang bisa berontak dan berteriak-teriak dengan suara dan perilaku yang sama sekali tak mencerminkan dirinya. Sejumlah tayangan berita sempat memperlihatkan remaja perempuan di sekolah atau wanita-wanita di tempat kerja yang menjadi korban kesurupan massal.

Lantas Mengapa Wanita Rentan Kesurupan?

Sebenarnya tidak hanya wanita, pria dan anak-anak pun bisa terkena resiko kesurupan. Namun kesurupan memang berhubungan dengan kondisi pikiran seseorang. Wanita pada dasarnya memiliki tingkat stres, sensitivitas dan kondisi tubuh yang lebih tidak stabil dibanding pria.

Pada kondisi seperti ini, wanita lebih mudah terpengaruh dan memiliki tameng yang sangat lemah. Jadi, usahakan Anda selalu dalam konsentrasi yang cukup dan jangan terlalu memikirkan sesuatu hingga membuat Anda kehilangan kendali.

Disebabkan Oleh Makhluk Gaib?

Saat mendengar berita kesurupan, kita akan teringat pada makhluk gaib. Terutama para penunggu pada tempat-tempat tertentu yang biasanya dianggap sebagai penyebab terjadinya kesurupan. Sebagian orang percaya, makhluk gaib akan merasuki siapapun yang sedang melamun atau kosong pikirannya, lalu berbicara lewat orang tersebut.

Semakin meyakinkan ketika orang yang dirasuki seolah bukan menjadi dirinya. Suaranya berubah, gerakannya tak terkendali dan membuat kita gelisah ketakutan. Hal itu bahkan bisa menular pada banyak orang di sekitarnya.

Baca Juga: Kisah Noni Belanda, Penghuni Gaib di Rumah Tua Cimanggis

Secara spiritual, kondisi tersebut bisa saja terjadi karena adanya gangguan dari dunia lain. Namun dunia medis pun menyampaikan bahwa kesurupan sesungguhnya berhubungan dengan kondisi fisik sehingga bisa disembuhkan dengan pengobatan.

Hal ini mungkin bisa dipahami, karena dalam tubuh yang sedang sehat, umumnya pikiran juga lebih berkonsentrasi dan tahan terhadap gangguan seperti halusinasi dan sebagainya.

Penanggulangan

Untuk mencegah terjadinya kesurupan disarankan untuk selalu menciptakan iklim sosial yang baik. Komunikasi serta nutrisi spiritual perlu ditanamkan pada diri sendiri maupun pada anggota keluarga.

Biasakan hidup sehat secara fisik dan psikis, sehingga bisa konsentrasi setiap hari.

Baca Juga: Cikal Bakal Debus di Tanah Banten, Begini Cara Menguasainya

Untuk menanggulangi persoalan ini, biasanya si korban akan dipegang oleh beberapa orang dan diajak berkomunikasi sambil dibacakan beberapa doa. Memang pengobatan dari segi keagamaan merupakan salah satu metode yang ampuh.

Oleh karena itu, untuk pencegahannya pun, sebaiknya dengan meningkatkan kualitas hidup, salah satunya melalui keimanan. (rul/*)