Ini Pendapat Ahli Tentang Kolesterol Tinggi Bisa Sembuh Total?

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Foto: Istimewa)
Ilustrasi kolesterol tinggi. (Foto: Istimewa)

DepokToday – Orang yang memiliki kolesterol tinggi dinyatakan tidak bisa sembuh secara total, namun tentunya penyakit ini bisa dikontrol dengan gaya hidup yang lebih baik.

Ahli Jantung di All India Institute of Medical Sciences, New Delhi, Dr. Nitish Naik mengatakan bahwa pola makan yang sehat, aktivitas fisik yang teratur, dan berat badan yang optimal tetap menjadi landasan untuk mengendalikan kolesterol.

“Obat-obatan juga memainkan peran penting pada banyak pasien. Namun, tidak boleh disalahartikan bahwa begitu kadar kolesterol menjadi normal dengan bantuan obat-obatan, gaya hidup tidak lagi berperan dalam mengelola hal yang sama,” kata dia seperti dilansir dari Sindonews.com.

Baca Juga: Gelar Aksi! PA 212 Klaim Bakal Dihadiri 7 Juta Orang, Ini Tuntutannya

“Padahal, gaya hidup sehat adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko penyakit jantung,” sambungnya.

Namun, penting untuk diingat bahwa obat tidak menyembuhkan penyakit ini, tetapi efektif mengembalikan kadar kolesterol ke kisaran normal.

Baca Juga: 4 Ciri Orang yang Jadi Tumbal Praktik Pesugihan, Terakhir Ngeri Banget

Sementara itu, seseorang dengan kadar kolesterol tinggi seringkali tidak memiliki tanda atau gejala . Tetapi, pemeriksaan rutin dan tes darah rutin dapat membantu mendeteksi kolesterol tinggi.

Dilansir dari Cleveland Clinic, adapun beberapa cara menurunkan kadar penyakit ini diantaranya hindari merokok, perbiki pola makan, rutin olahraga, menjaga berat badan tetap ideal dan kontrol gula dan tekanan darah secara rutin. (lala/*)