Ini Enam Pertemuan Hebat Italia Melawan Spanyol

Giorgio Chiellini (kiri) meluapkan ekspresi usai mencetak gol ke gawang Spanyol pada perempat final Piala Eropa 2016.(Foto: Twitter Euro2016)
Giorgio Chiellini (kiri) meluapkan ekspresi usai mencetak gol ke gawang Spanyol pada perempat final Piala Eropa 2016.(Foto: Twitter Euro2016)

DEPOK—Rivalitas Italia vs Spanyol sudah terjadi sejak lama. Kali ini kedua tim kembali bentrok pada pertandingan semifinal Piala Eropa 2020 di Wembley.

Italia dan Spanyol akan memperbaharui salah satu rivalitas hebat sepak bola di London, Inggris, pada Rabu 7 Juli 2021 dini hari WIB.

DIBACA JUGA: Italia Versus Spanyol, Saling Sikut Demi Tiket Final Piala Eropa 2020

Kedua tim telah bertemu sepuluh kali di turnamen besar, dengan Italia menikmati keunggulan sampai Spanyol mengalahkan mereka melalui adu penalti dalam perjalanan mereka untuk memenangkan Piala Eropa 2008, sebelum memenangkan trofi lagi di final Piala Eropa empat tahun kemudian.

Giorgio Chiellini dan Graziano Pelle kemudian membantu Italia membalas dendam dengan kemenangan 2-0 di babak 16 besar Piala Eropa 2016 dalam pertandingan head-to-head terakhir kedua tim.

DIBACA JUGA: Jadwal Semifinal dan Perseteruan para Semifinalis Piala Eropa 2020

Saat pertandingan berikutnya mulai terlihat, UEFA.com memilih enam pertemuan untuk diingat. Berikut ini rivalitas Italia vs Spanyol:

Perempat final Piala Dunia 1934

Bentrokan pertama mereka di turnamen besar adalah urusan yang melelahkan. Luis Regueiro dan Giovanni Ferrari bertukar gol di Florence dan pertandingan tetap 1-1 setelah perpanjangan waktu, yang berarti ulangan pada hari berikutnya.

Logo Piala Dunia 1934.(Foto: Digital Synopsis)
Logo Piala Dunia 1934.(Foto: Digital Synopsis)

Spanyol dipaksa untuk membuat tujuh perubahan dan Giuseppe Meazza segera membuat tuan rumah unggul, dengan Spanyol kemudian memiliki dua gol yang dianulir sehingga mereka tersingkir.

Skor akhir: Italia 1-1 Spanyol (aet); Italia 1-0 Spanyol (ulangan).

Penyisihan Grup Piala Eropa 1988

Pertempuran taktis tertinggi di Frankfurt, di mana bek Italia berusia 19 tahun memainkan peran utama: masukkan Paolo Maldini.

Pemain muda AC Milan itu membuat pemain sayap kebanggaan Spanyol Michel keluar dari pertandingan, membuka jalan untuk satu-satunya gol di pertengahan babak kedua.

Trofi Piala Eropa dan logo Piala Eropa 1988.(Foto: uefa.com)
Trofi Piala Eropa dan logo Piala Eropa 1988.(Foto: uefa.com)

Itu terjadi setelah Carlo Ancelotti mengirimkan umpan ke arah Alessandro Altobelli, yang dummy-nya memungkinkan Gianluca Vialli melakukan tendangan rendah melewati Andoni Zubizarreta.

Skor akhir: Italia 1-0 Spanyol

Perempat final Piala Dunia 1994

Persaingan yang mendidih dengan baik dan benar-benar mencapai titik didih di Boston. Tendangan jarak jauh Dino Baggio memberi Italia keunggulan, tetapi aksi nyata terjadi setelah turun minum.

Sikut dari Mauro Tassotti mengenai wajah Luis Enrique, sebuah insiden yang cukup buruk untuk membuatnya mendapatkan larangan delapan pertandingan, tetapi tidak terlihat pada hari itu.

Logo Piala Dunia 1994.(Foto: Istimewa)
Logo Piala Dunia 1994.(Foto: Istimewa)

Jose Luis Caminero membuat kedudukan menjadi 1-1, tetapi dua menit menjelang pertandingan usai, setelah pergerakan ujung-ke-ujung yang sensasional, Roberto Baggio mengecoh Zubizarreta untuk mencetak gol kemenangan.

Skor akhir: Italia 2-1 Spanyol

Perempat final Piala Eropa 2008

Spanyol belum pernah mengalahkan Italia dalam pertandingan kompetitif sebelum malam di Wina ini. “Saya melihat kegugupan pada para pemain,” kata Pelatih Sapnyol kala itu, Luis Aragones.

“Pesan saya berulang kali adalah bahwa kami adalah tim yang lebih baik dan kami akan lolos,” sambungnya.

Logo Piala Eropa 2008.(Foto: iconape.com)
Logo Piala Eropa 2008.(Foto: iconape.com)

Dan mereka melakukannya, saat Iker Casillas menggagalkan tendangan penalti Daniele De Rossi dan Antonio Di Natale, meninggalkan Cesc Fabregas untuk memenangkannya. Kutukan 74 tahun telah dipatahkan.

Skor akhir: Spanyol 0-0 Italia (aet, Spanyol menang 4-2 adu penalti)

Final Piala Eropa 2012

Spanyol telah gagal untuk benar-benar bersinar di Polandia dan Ukraina, meskipun segera menjadi jelas di Kyiv bahwa mereka telah menyimpan yang terbaik untuk yang terakhir.

David Silva menyundul gol pembuka menyusul pertukaran operan yang memukau, kemudian Jordi Alba membuat skor menjadi 2-0. Italia tidak pernah pulih.

Spanyol juara Piala Eropa 2012.(Foto: uefa.com)
Spanyol juara Piala Eropa 2012.(Foto: uefa.com)

Setelah turun minum, Fernando Torres mencetak gol untuk final Piala Eropa kedua, kemudian memberi umpan kepada rekan pengganti Juan Mata untuk menutup penampilan gemilang.

Skor akhir: Spanyol 4-0 Italia

16 Besar Piala Eropa 2016

Setelah kalah dari Spanyol di dua Piala Eropa sebelumnya, Italia tidak kekurangan motivasi saat tim bertemu lagi di Stade de France.

Dan kali ini Azzurri yang menang, mengakhiri delapan tahun pemerintahan Spanyol sebagai juara Eropa.

Logo Piala Eropa 2016.(Foto: besthqwallpapers.com)
Logo Piala Eropa 2016.(Foto: besthqwallpapers.com)

Chiellini memaksakan gol pertama dari jarak dekat di menit ke-33, meski penampilan luar biasa dari David de Gea di gawang Spanyol, Pelle membuat permainan aman satu menit memasuki waktu tambahan.

Skor akhir: Italia 2-0 Spanyol

(Sumber: uefa.com)