Ini Deretan Motor Sport 90-an yang Bikin Cowok Ganteng Maksimal

Motor sport jenis Suzuki RGR 150. (DepokToday.com)
Motor sport jenis Suzuki RGR 150. (DepokToday.com)

DEPOK- Kendaraan roda dua, khususnya jenis motor sport telah memiliki hati tersendiri bagi para pencintanya. Bahkan, bagi sebagian pria, kuda besi tersebut memiliki kebangaan tersendiri, selain karena tampilannya yang gagah, konon motor sport bisa bikin ganteng mereka maksimal.

Kali ini, DepokToday.com akan mengulas sejumlah motor sport yang ngehits di era 90-an. Apa saja, yuk simak.

1.Suzuki RGR

Motor sport jenis Suzuki RGR Sprinter ini tergolong motor kencang pada masa jayanya karena sudah mengusung mesin 2 langkah 150 cc. Motor Suzuki RGR  Sprinter generasi pertama ini masuk ke Indonesia secara Completly Build Up (CBU), jadi motor datang secara utuh langsung dari Thailand.

Tak hanya itu, motor ini dilirik pada masa jayanya motor ini telah mengusung teknologi yang jauh lebih tinggi dari sejumlah kompetitornya.

“Saya punya motor Suzuki RGR Sprinter ini lebih kurang sudah 3 tahun. Saya tertarik karena memang mesinnya bandel dan tampilannya sangar,” kata Pandu, mekanik MJM, Depok, Selasa 22 Juni 2021.

Meski demikian, Pandu mengaku merawat motor sport ini tidaklah mudah.

“Dengan memelihara motor yang telah disuntik mati oleh pihak pabrikan dari 23 tahun yang lalu jelas kita terkendala dengan ketiadaan spare part dari Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).”

Solusinya, lanjut Pandu, ia harus rajin bertukar informasi ke sejumlah komunitas Suzuki RGR.

“Atau kalau nggak sering-sering browsing di toko online, berharap dapat part new old stok dan bahkan belanja online dari luar daerah dan negeri seberang. Intinya harus sabar, karena harga spare part original dari Suzuki RGR ini lumayan mahal hingga merogoh kocek cukup dalam,” tuturnya.

Selain Suzuki RGR, Pandu ternyata juga mengincar dua motor sport jenis 2 tak yakni Yamaha TZM dan Yamaha Touch. “Masih menjadi harapan dan keinginan, semoga nanti ada rejekinya.”

Motor Segala Zaman

2.Yamaha RXZ-RZR

Dua jenis motor ini juga tak kalah macho dengan sejumlah rivalnya. Sempat dinilai gagal dari sodara kandungnya RX King, Yamaha RXZ dan RZR rupanya memiliki pesona tersendiri bagi penunggangnya.

Salah satunya seperti yang dirasakan oleh Alfian Ferdiansyah.

“Kalau motor dua tak kebetulan ada dua di rumah, jenis RXZ 1997 saya rawat sudah 10 tahun, terus ada juga RZR 1993. Nah yang ini (RZR) baru tiga tahun kira-kira,” katanya.

Menurut dia, ketika seseorang di masa seperti ini merawat motor-motor lawas apalagi dua tak ini, dia tidak sedang hanya merawat motor, tetapi ada value lainnya, misalnya sejarah (history).

“Misalnya itu motor ayahnya, kakaknya dan lain-lain, atau karena cita-cita sejak kecil, apalagi buat remaja tahun 90’an, mungkin waktu itu dia hanya bisa membayangkang betapa kerennya jika memiliki motor ini,” tutur Dosen UI tersebut.

Yamaha RXZ dan Yamaha RZR (DepokToday.com)
Yamaha RXZ dan Yamaha RZR (DepokToday.com)

Alfian menilai, disain motor dua tak lawas ini everlasting (tahan lama alias awet) lantaran tak lekang dimakan zaman.

“Masih tetap keren walau dibadingkan dengan disain keluaran sekarang. Kita akan merasa unik, special, karena tidak banyak orang memiliki ini. Dan itu semua membuat happy jika turun ke jalan,” katanya.

Sebagai penikmat motor sport, tentu saja ada suka dan duka di balik hobinya itu.

“Buat saya sukanya adalah impian masa kecil terwujud ya, dan banyak juga cerita yang sudah dilalui bersama. Dukanya boleh dibilang nggak banyak, dari sparepart yang langka, jadi agak relatife mahal. Dari sisi fungsional, paling karburator banjir,” tuturnya.

Ia mengaku, ingin memperbanyak koleksi motornya tersebut. “Inceran jangka pendek ingin bangun Suzuki RGR sprinter yang tertunda, inceran jangka panjang enak kali ya di teras rumah ada NSR 150 SP.”

Untuk diketahui, Yamaha RX-Z pertama hadir pada tahun 1985 dan sangat terkenal di Malaysia dan Singapura saat itu. Generasi awal Yamaha RX-Z menggunakan mesin 2-tak 135 cc dan gearbox-nya masih 5 percepatan.

Motor Ngebul Besutan Honda

3.Honda NSR 150 SP

Tak ingin ketinggalan dengan dua rivalnya, Honda pun sempat mengeluarkan motor sport dua tak jenis NSR di era 90-an. Motor itu resmi mengaspal di Indonesia, pada tahun 1994.

Kehadiran NSR 150 SP masuk ke Indonesia berstatus CBU atau diimpor utuh dari Thailand. Kala itu NSR bersaing melawan Yamaha TZR150 dan Suzuki RGR 150.

Guna menjadi motor 2-tak, NSR 150 SP dipersenjatai mesin 149 cc, satu silinder, 2 langkah. Racikannya: bore x stroke: 59 x 54,5 dengan rasio kompresi 6.8:1 sanggup memuntahkan tenaga maksimal 36,4 daya kuda pada 10 .000 rpm dan torsi puncak 26,8 Nm pada 9.000 rpm

Honda NSR 150 (DepokToday.com)
Honda NSR 150 (DepokToday.com)

Dede Hermawan, salah satu pemilik motor tersebut mengaku, tertarik dengan Honda NSR sejak 2009.

“Sudah beberapa kali gonta-ganti NSR series. Nah kalau yang SP Repsol ini dapat sekitar 2016, motor tahun 2001,” katanya.

Ia tertarik lantaran menganggap ini adalah motor sport istimewa.

“Ini motor legend, motor hi tech (pada zamannya). Saya tergoda sama kaki pro armnya yang eksotis, udah gitu ini motor langka, pride-nya dapat banget pokoknya.”

Dede makin percaya diri ketika menunggani kuda besi itu lantaran kerap menjadi pusat perhatian.

“Ada beberapa yang kasih jempol, apalagi banyak yang nggak tahu Honda punya motor ngebul 2 tak,” katanya.

Motor Sport Langka

4.Yamaha TZM

Satu lagi besutan Yamaha yang nggak kalah ngehits adalah jenis TZM. Jumlah motor seperti biasanya hanya bisa ditemui sedikit alias langka. Begitu pula dengan TZM 150 ini, masuk ke Indonesia secara resmi melalui PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) hanya sekitar 290 unit.

Mesin TZM 150 yang dilengkapi dengan transmisi 6 percepatan ini mampu mengeluarkan tenaga sebesar 35,3 tk pada 10.500 rpm dan torsi maksimal mencapai 25 Nm pada 9.500 rpm.

Sistem karburasi pada TZM 150 juga yang paling mutakhir pada masa itu. Karburatornya menggunakan Mikuni VM30SS dengan power jet nozzle yang bertugas untuk memberikan semprotan uap bahan bakar pada kondisi tertentu.

Yamaha TZM 150 (DepokToday.com)
Yamaha TZM 150 (DepokToday.com)

Sehingga, tenaga yang dikeluarkan mesin tidak putus, mulai dari putaran bawah hingga putaran atas. Dengan kekuatan mesin yang dimiliki dan jumlahnya yang terbatas membuat motor sport jenis ini banyak diburu para rider. Salah satunya seperti yang diungkapkan oleh Benzjose, warga Depok.

“Dapat motor ini tidak sengaja, dapat informasi dari teman ada motor kondisi tidak terawat ngejogrok dan mau dijual. Keistimewaan nya motor langka, banyak dicari yang suka 2 tak,” katanya.

Baca Juga: Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Hujan, Pemotor Wajib Tahu

Karena masuk kategori motor langka, Yamaha TZM pun kerap mencuri perhatian pengguna jalan.

“Setiap jalan orang pada ngelihatin dan di komunitas nggak ada yang kaya gini, jadi bangga aja bisa punya salah satu motor langka di Indonesia.” (rul/*)