Ini Ciri-ciri Majikan Tuyul, Pelaku Pesugihan di Era Digital

Diduga penampakan tuyul yang dijadikan alat pesugihan (Foto: Istimewa)
Diduga penampakan tuyul yang dijadikan alat pesugihan (Foto: Istimewa)

DepokToday- Masyarakat Indonesia cukup akrab dengan berbagai mitos, utamanya soalnya keberadaan makhluk gaib, seperti tuyul. Konon, sosok gaib tersebut dipelihara oleh pelaku pesugihan untuk meraup harta dengan cara instan dan tentu saja tidak halal.

Lantas seperti apakah ciri-ciri orang yang melakukan ritual sesat tersebut?

Ya, meski di zaman modern saat ini, nyatanya masyarakat Indonesia masih saja ada yang percaya dengan praktik gaib pesugihan. Salah satunya yang sampai sekarang tetap dibicarakan adalah dengan cara memanfaatkan tuyul.

Baca Juga: Berkas Pembunuhan Anggota TNI Diteliti Jaksa, Tersangka Segera Disidang

Makhluk gaib itu digambarkan berwujud anak-anak dan berkepala plontos. Ada juga yang percaya sosok tuyul itu berbulu, hingga agak berlendir dengan gigi yang runcing.

Meski hanya mitos belaka, namun bagi sebagian orang tuyul memang kerap meresahkan masyarakat lantaran lihai dalam mengambil dan mencuri uang.

Percaya atau tidak, tuyul kerap melancarkan aksinya di waktu-waktu tertentu. Biasanya kehadiran tuyul ditandai dengan uang di rumah kamu hilang begitu saja secara misterius, namun tak diambil semuanya alias menyisakan sejumah uang tertentu.

Ciri-ciri Pemilik Tuyul Pesugihan

Menghimpun dari berbagai sumber dan saluran YouTube Esa Production, berikuit ciri-ciri dan tanda orang punya pesugihan tuyul:

Jalannya Membungkuk dan Melipat Tangan ke Belakang

Berdasarkan mitosnya, ketika seseorang berjalan cenderung membungkuk dan melipat kedua tangan ke arah belakang seperti sedang menggendong sesuatu, maka itu merupakan tanda jika orang tersebut mempunyai pesugihan tuyul.

Setiap diamati, orang tersebut pun selalu berjalan dengan gestur tubuh seperti itu, dan untuk mengantisipasinya, lebih baik ketika orang tersebut sudah lewat di depan kita, ada baiknya jika kita menunjukkan kepalan tangan di belakangnya.

Baca Juga: Terungkap, Inikah Sebab Tuyul Enggan Curi Uang di Bank?

Punya Ruangan Khusus

Menurut primbon Jawa, tanda orang yang mempunyai pesugihan tuyul selanjutnya adalah memiliki ruangan atau kamar khusus, dan di dalam ruangan atau kamar khusus tersebut terdapat banyak bunga serta alat-alat ritual.

Ruangan atau kamar khusus itu sengaja di rancang untuk tempat istirahat daripada tuyul. Bunga beserta alat-alat ritual pun sengaja di tempatkan pada ruangan itu sebagai sesembahan atau santapan harian kepada tuyul.

Baca Juga: Terpopuler DepokToday, 29 Oktober 2021: Jokowi Punya Kakak di Korea, Presiden Korea Traktir Jokowi

Makan Sering Tidak Habis

Orang yang mempunyai pesugihan tuyul biasanya kalau makan cenderung tidak habis atau gampang kenyang.

Tampak sepele memang, tapi dibalik itu semua, sisa daripada makanan yang tidak habis tersebut, justru akan dilahap oleh tuyul.

Sering Berjalan Keliling Perumahan

Selanjutnya, tanda dan ciri orang yang melakukan pesugihan tuyul biasanya seseorang yang sering berjalan sendirian di tempat keramaian atau sengaja keliling perumahan dengan gestur tubuh membungkuk, biasanya merupakan tanda dari orang yang mempunyai pesugihan tuyul.

Selain berjalan sendirian guna mengamati lingkungan yang akan dijadikan sasaran empuk, orang tersebut pun bisa sambil berkendara menggunakan motor atau mobil miliknya.

Biasanya tuyul itu pun akan di taruh di samping majikannya, dan jika sudah selesai berkendara, tuyul itu akan kembali menempel di punggung atau bermanja pada bahu majikannya.

Ritual Mistik

Setiap Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon Melakukan Ritual

Menurut primbon Jawa, tanda orang yang mempunyai pesugihan tuyul selanjutnya adalah rutin melakukan ritual setiap malam Jumat Kliwon dan Selasa Kliwon.

Ritual pada waktu tertentu itu, biasanya dimanfaatkan oleh orang tersebut untuk memandikan tuyul dengan darah ayam Cemani yang segar.

Baca Juga: Begini Jawaban Menohok Ketua Kadin Depok Soal Tuduhan Balaguna

Istrinya Cenderung Pucat dan Kurus

Apabila seseorang yang mempunyai pesugihan tuyul sudah berkeluarga, maka biasanya raut wajah serta perawakan istrinya cenderung pucat dan kurus.

Hal tersebut disebabkan oleh perilaku tuyul yang kerap meminta jatah ‘susu’ kepada istri majikannya sebelum berangkat bekerja atau mengambil uang daripada hasil curian.

Ilustrasi sesajian untuk tumbal pesugihan. (Istimewa)
Ilustrasi sesajian untuk tumbal pesugihan. (Foto: Istimewa)

Pelit dan Perhitungan

Ciri orang pesugihan tuyul lainnya, mendapati tanda seseorang cenderung pelit dan perhitungan, maka bisa dipastikan bahwa orang tersebut mempunyai pesugihan tuyul.

Lebih Suka Menyendiri

Tanda orang yang mempunyai pesugihan tuyul lainnya juga bisa terlihat dari hubungannya dengan tetangga serta lingkungan sekitar.

Sebab orang yang mempunyai pesugihan tuyul cenderung tertutup, suka menyendiri, dan tidak pernah bersosialisasi.

Baca Juga: Gunakan Cara Ini, Dijamin Tuyul Putus Asa Nyolong Uang Anda

Tak Pernah Sedekah

Berdasarkan kisah masyarakat, apabila seseorang anti bersedekah harta, maka dipastikan bahwa orang tersebut mempunyai pesugihan tuyul.

Sebab, bersedekah harta merupakan pantangan. Energi daripada tuyul pun perlahan bisa hilang atau lenyap, jika tanpa disengaja melakukan aktivitas sosial, yaitu bersedekah harta.

Tak Punya Pekerjaan, Tapi Kaya

Tanda orang yang mempunyai pesugihan tuyul juga bisa terlihat dari gaya hidupnya yang hedon. Bisa membeli apa-apa bahkan membangun rumah megah.

Padahal jika diamati dan ditelusuri, orang tersebut tidak memiliki pekerjaan yang tetap, dan memiliki riwayat hidup dari kalangan kurang mampu.

Baca Juga: Tumbal Pesugihan Rata-rata Incar Wanita, Gejalanya Mirip Sakit Maag

Malas Beribadah

Menurut primbon Jawa, orang yang mempunyai pesugihan tuyul cenderung malas beribadah.

Padahal sebelum mempunyai tuyul, orang tersebut dikenal rajin serta selalu menyempatkan diri untuk mengikuti kegiatan keagamaan di lingkungan sekitar.

Anak Jadi Tumbal

Suka Keluar Rumah Malam Hari

Banyak orang mempercayai, majikan alias orang yang mempunyai pesugihan tuyul biasanya suka keluar rumah pada malam hari. Hal tersebut dipercaya dilakukannya, guna memastikan kembali keadaan sekitar.

Suka Buka Satu Kancing Baju

Berdasarkan kepercayaan masyarakat, tanda orang yang mempunyai tuyul selanjutnya bisa terlihat dari penampilan istri dari sang pemilik tuyul.

Biasanya, istri dari pemilik pesugihan tuyul tersebut sengaja membuka satu kancing baju di tempat umum, agar tidak ribet memberikan ‘susu’ kepada tuyul peliharaannya.

Baca Juga: Daun Kelor, Tanaman Sakti Penangkal Serangan Gaib

Perawakannya Kurus dan Pucat

Ciri lainnya, bukan hanya istrinya saja yang terlihat pucat dan kurus, tapi perawakan daripada pemilik pesugihan tuyul tersebut pun tampak pucat dan cenderung kurus.

Hal itu disebabkan karena energi dari pemilik tuyul yang selalu terkuras, sehingga berdampak pada perawakannya.

Anaknya Jadi Tumbal

Terakhir, orang yang mempunyai pesugihan tuyul biasanya akan menjadikan anaknya yang masih bayi atau paling kecil menjadi tumbal. (rul/*)