Ini Cara Unik Satlantas Depok Peringati Sumpah Pemuda

Peringati Hari Sumpah Pemuda, Satlantas Polres Metro Depok datangi sekolah

DEPOK– Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 berlangsung serentak di sejumlah daerah. Di Depok Jawa Barat, momentum sakral yang mengusung tema Bersatu Kita Maju itu dilakukan aparat kepolisian di beberapa sekolah. Salah satunya, yakni dengan membagi-bagikan helm gratis, Senin 28 Oktober 2019.

Kasat Lantas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Sutomo mengungkapkan, hal itu sengaja dilakukan pihaknya karena momen Sumpah Pemuda pada tahun ini bertepatan dengan Operasi Zebra 2019.

“Dengan momen ini kami ingin memberikan pesan pada para generasi bangsa untuk bisa menjadi pelopor tertib berlalu lintas. Mereka adalah generasi penerus bangsa ini, dan mereka harus terbiasa mematuhi hukum yang berlaku,” katanya

Sutomo pun berharap, dengan kehadiran polisi ditengah-tengah pelajar bisa meningkatkan kesadaran akan budaya tertib dan patuh terhadap aturan yang berlaku. “Tdai saya juga sempat memberikan kuis brhadiah helm, semoga ini bermanfaat bagi mereka karena keselamatan itu sangatlah penting. Nah kuncinya adalah patuh terhadap aturan dan tata tertib,” ujarnya.

Kasatlantas Polres Metro Depok, Komisaris Polisi Sutomo

Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema “Bersatu Kita Maju”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa

Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari parnografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dari terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara. (*red)