Ini 6 Ciri Anda Terkena Batu Ginjal, Periksa ke Dokter Sekarang

Ilustrasi batu ginjal. ( Foto Istimewa)
Ilustrasi batu ginjal. ( Foto Istimewa)

DepokToday – Batu ginjal merupakan penyakit yang menghinggapi pengidapnya dengan kumpulan garam dan mineral keras.

Ukuran batu ginjal bervariasi, beberapa sekecil titik bahkan ada yang tumbuh hingga beberapa inci.

Beberapa batu bisa menjadi sangat besar hingga memenuhi seluruh organ ginjal. Jika berukuran lebih kecil, batu ginjal seringkali tidak menimbulkan gejala apapun.

Melansir dari Bisnis.com, batu tersebut terbentuk di dalam ginjal dan dapat melakukan perjalanan ke bagian lain dari saluran kemih.

Anda mungkin tidak melihat ada yang salah sampai batu bergerak ke saluran kencing ke kandung kemih Anda.

Berikut enam gejala dan tanda Anda mungkin memiliki batu ginjal:

1.Sakit di punggung, perut, atau samping

Nyeri akibat batu ginjal sering dimulai secara tiba-tiba. Saat batu bergerak, rasa sakit mengubah lokasi dan intensitas.

Rasa sakit juga datang dan pergi dalam secara bertahap, yang diperburuk oleh kontraksi ureter saat mencoba mendorong batu keluar.

Setiap tahap dapat berlangsung selama beberapa menit, menghilang, dan kemudian kembali lagi.

Anda akan merasakan sakit di sepanjang sisi dan punggung dan di bawah tulang rusuk. Ini mungkin menyebar ke daerah perut dan selangkangan Anda saat batu bergerak turun melalui saluran kemih.

2. Perih atau terasa terbakar saat buang air kecil

Setelah batu mencapai persimpangan antara ureter dan kandung kemih, Anda akan mulai merasakan sakit saat buang air kecil. Kondisi ini disebut dengan disuria.

Rasa sakitnya bisa terasa tajam atau terbakar. Jika Anda tidak tahu memiliki batu ginjal, Anda mungkin salah mengartikannya sebagai infeksi saluran kemih.

Terkadang Anda bisa mengalami infeksi bersamaan dengan batu tersebut.

Baca Juga: Mohammad Idris Doakan Korban Hanyut di Sungai Cileueur Mati Syahid

3. Urgensi buang air kecil

Apakah Anda sering ke kamar mandi karena terdesak atau lebih sering dari biasanya? Waspada, ini mungkin tanda lain bahwa batu telah pindah ke bagian bawah saluran kemih.

Anda mungkin buru-buru ke kamar mandi atau perlu pergi terus-menerus sepanjang hari dan malam. Urgensi untuk buang air kecil juga mirip gejala infeksi saluran kemih.

4. Darah dalam urin Darah

dalam urin adalah gejala umum pada orang dengan batu saluran kemih. Gejala ini juga disebut hematuria.

Darah bisa berwarna merah, merah muda, atau coklat. Terkadang sel darah terlalu kecil untuk dilihat tanpa mikroskop (disebut hematuria mikroskopis). Segera konsultasi ke dokter jika mengalami hal ini.

5.Urine keruh dan berbau

Urin yang sehat jernih dan tidak berbau menyengat. Urin yang keruh atau berbau busuk bisa menjadi tanda adanya infeksi pada ginjal atau bagian lain dari saluran kemih Anda.

Kekeruhan merupakan tanda adanya nanah dalam urin atau piuria. Bau tersebut bisa berasal dari bakteri penyebab infeksi saluran kemih. Bau juga bisa berasal dari urin yang lebih pekat dari biasanya.

6. Urine sedikit

Batu ginjal yang besar terkadang tersangkut di ureter. Penyumbatan ini dapat memperlambat atau menghentikan aliran urin.

Jika Anda memiliki penyumbatan, Anda mungkin hanya buang air kecil sedikit setiap kali Anda pergi. Aliran urin yang berhenti sepenuhnya adalah keadaan darurat medis.  (lala/*)