Ini 4 Manfaat Donor Darah, Lebih Baik Lagi Dilakukan Secara Rutin

Kegiatan donor darah yang digagas pengurus Karang Taruna Kukusan bersama Blok M Riders Community.(DepokToday/Aji)

DepokToday – Memberikan donor darah dapat membantu atau menyelamatkan hingga tiga nyawa seklaigus. Selain donor darah ini dibutuhkan setiap dua detik sekali. Tidak hanya bagi orang lain, ternyata manfaat donor darah itu bisa dirasakan bagi pendonornya.

Ternyata ada sejumlah manfaat kesehatan yang dapat dirasakan oleh pendonor. Berikut ini manfaat potensial dari donor darah, mengutip dari halodoc:

1.Mendeteksi penyakit serius

Proses donor darah tentunya harus melalui beberapa prosedur. Tiap kali seseorang ingin mendonorkan darahnya, prosedur standarnya adalah pemferiksaan darah untuk mendeteksi penyakit serius.

Sebut saja HIV, sifilis, hepatitis B, hepatitis C, hingga malaria. Hal ini penting dilakukan demi mengantisipasi adanya penularan penyakit melalui transfusi darah.

Prosedur ini juga menjadi “lampu kuning” bagi pendonor agar lebih memperhatikan kondisi kesehatannya sendiri.

2.Meningkatkan produksi sel darah

Manfaat donor darah juga bisa meningkatkan produksi sel darah merah. Kok bisa? Nah, ketika melakukan donor darah, sel darah memang akan berkurang.

Namun, sumsum tulang belakang akan segera memproduksi sel darah merah baru untuk menggantikan yang hilang.

Proses ini akan memakan waktu beberapa minggu. Dengan kata lain, seseorang yang mendonorkan darahnya secara teratur, tubuhnya akan menstimulasi pembentukan darah baru yang segar.

3.Panjang umur

Menurut banyak penelitian, berbuat baik dapat membuat seseorang hidup lebih lama.

Umur orang yang gemar menolong dan tak mementingkan diri sendiri dapat memiliki usia yang lebih panjang sekitar empat tahun.

Menurut penelitian dari Mental Health Foundation, donor darah juga bisa menjaga kesehatan emosi seseorang.

Membantu orang lain, seperti mendonorkan darah bisa mengurangi tingkat stres hingga membantu menghilangkan perasaan negatif.

Baca Juga: Kemenkes Keluarkan Aturan Baru Vaksinasi Penyintas COVID-19, Mulai Level Ringan Hingga Terberat

4.Menjaga kesehatan jantung

Donor darah juga bermanfaat untuk memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri.

Rajin mendonorkan darah kira-kira mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen.

Enggak cuma itu, mendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke, dan serangan jantung. Menariknya lagi, manfaat donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabil.

Lebih lanjut, rajin mendonorkan darah kira-kira mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88 persen.

Enggak cuma itu, mendonorkan darah juga bisa meminimalkan risiko kanker, stroke, dan serangan jantung. Menariknya lagi, manfaat donor darah juga bisa membuat kadar zat besi dalam darah jadi stabi. (lala/*)