Ini 4 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Hujan, Pemotor Wajib Tahu

Sejumlah motor diservice di MJM Depok. Pemilik antisipasi mogok saat hujan. Motor aman. (Depoktoday.hops.id)
Sejumlah motor diservice di MJM Depok. Pemilik antisipasi mogok saat hujan. Motor aman. (Depoktoday.hops.id)

DEPOK- Di musim hujan seperti saat ini, ancaman yang kerap mengintai pengendara motor adalah mogok, hingga kecelakaan. Situasi kian dirasa sulit ketika jalan yang dilalui tergenang air atau banjir.

Lalu seperti apa tips dan cara untuk menghadapi situasi tersebut. Mekanik Jaya Motor Kota Depok, Pandu, menyebut ada sejumlah hal yang harus diperhatikan oleh para pengendara ketika cuaca tak bersahabat lantaran hujan. Berikut tips yang harus diperhatikan:

1.Perhatikan Kondisi Ban

Menurut Pandu, ini menjadi bagian yang cukup penting saat melewati genangan air.

“Jika alur ban sudah tipis atau botak sebaiknya segera diganti, karena ban botak tidak bisa membelah genangan air sehingga bisa terjadi aqua planning/ban mengambang yang menyebabkan tergelincir,” katanya, Kamis 16 Juni 2021.

Selain itu, tekanan angin pada bagian ban juga harus sesuai. Idealnya di angka 35 pounds per square inch (PSI) dikondisi kering.

“Namun jika di musim hujan boleh dikurangi tekanannya di angka 30-32 PSI agar ban lebih banyak grip atau gesekannya dipermukaan aspal sehingga ban tidak mudah slip.”

Baca Juga: Layanan SIM Keliling Depok Hari Ini, Rabu 16 Juni 2021

Kemudian, kurangi kecepatan kendaraan disaat hujan dan hindari pengereman secara mendadak karena sangat berbahaya.

Dan yang penting juga untuk diperhatikan adalah jaga jarak ideal dengan kendaraan lain yang berada di depan atau di kanan kiri. Ini untuk menghindari kendaraan depan berhenti mendadak atau kendaraan di samping keluar jalur karena menghindari lubang.

“Pelan-pelan diawal hujan karena jalan menjadi sangat licin akibat debu atau pun kerikil bercampur dengan air hujan. Pahami dan kenali jalur jalan yg sering kita lalui untuk menghindari lubang atau jalan rusak yang tergenang oleh air,” ujarnya.

Lampu Motor Sangat Penting

2.Perhatikan Kelengkapan Berkendara

Pandu mengatakan, semua kelengkapan berkendara, dari sistem lampu menjadi syarat wajib yang harus dilengkapi, terlebih saat hujan.

“Dari lampu utama, lampu senja, lampu rem dan sen, sehingga pengendara lain mudah melihat keberadaan kita,” katanya.

Kemudian, pengendara motor wajib menggunakan setelan jas hujan model terpisah.

“Ini penting agar kita bisa lincah bermanuver di atas kendaraan saat hujan,” jelasnya

Selain itu, pengendara motor harus memiliki sepatu anti air agar tetap nyaman.

“Gunakan kaca helm dengan visor bening sehingga kita bisa melihat jernih kondisi jalan yang kita lalui dikala hujan,” ujarnya

Mekanik Jaya Motor Kota Depok, Pandu. (Depoktoday.hops.id)
Mekanik Jaya Motor Kota Depok, Pandu. (Depoktoday.hops.id)

3.Perhatikan Kecepatan Berkendara

Pandu mengatakan, disaat hujan baru turun, sebaiknya tidak langsung memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi karena kondisi jalan sangat licin.

“Hindari genangan-genangan tinggi karena jalan rusak atau lubang tidak bisa terlihat. Ada baiknya kita mencari jalan lain, karena juga dikhawatirkan kendaraan mogok jika memaksa melintas.”

Bagian Vital Motor Saat Hujan

4.Titik Rawan Rusak Pada Kendaraan Saat Banjir

Pria berambut panjang itu mengatakan, bagian mesin yang rawan saat banjir adalah oli mesin atau girboks pada motor matik.

“Bagian itu rentan kemasukan air. Jika terjadi segera lakukan penggantian oli mesin dan oli girboks,” katanya.

Dan yang juga harus diperhatikan adalah filter udara. Biasanya basah bila terkena banjir dan disarankan mengganti dengan yang baru.

“Cek cop busi atau cangklong busi, jika sudah bocor ada baiknya diganti dengan yang baru dan kualitasnya harus yang original kedap air, sehingga disaat melibas genangan tidak konslet,” tuturnya.

Langkah berikutnya adalah memeriksa bagian knalpot. “Buka knalpot karena dikhawatirkan masuk air. Setelah itu bersihkan hingga benar-benar bersih.”

Pandu menambahkan, pengendara juga wajib melakukan pemeriksaan pada bagian continuously variable transmission atau CVT.

“Ganti gemuk CVT dengan yang baru untuk menghindari karat dan kerusakan,” tuturnya.

CVT sendiri memiliki fungsi untuk meneruskan putaran yang dihasilkan oleh mesin motor pada bagian roda ban sehingga motor dapat berjalan dan digunakan untuk berkendara. (rul/*)