Inggris Penuh Percaya Diri, Denmark Berharap Tuah Wembley

Pertandingan semifinal Piala Eropa 2020 antara Inggris vs Denmark.(Foto: Tangkapan layar Twitter Euro2020)
Pertandingan semifinal Piala Eropa 2020 antara Inggris vs Denmark.(Foto: Tangkapan layar Twitter Euro2020)

DEPOK—Inggris tidak ingin kehilangan momentum saat bentrok dengan Denmark pada laga semifinal Piala Eropa 2022 di Stadion Wembley, London, Inggris, Kamis 8 Juli 2021 dini hari WIB.

Inggris akan tampil penuh percaya diri dalam melakoni pertandingan melawan Denmark. Pasalnya, The Three Lions mentas di kampung sendiri ditambah dengan kemenangan 4-0 atas Ukraina pada babak perempat final Piala Eropa 2020.

Skuat Inggris.(Foto: Twitter Euro2020)
Skuat Inggris di Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Euro2020)

Tim asuhan Gareth Southgate juga merupakan tim pertama yang menjaga lima clean sheet berturut-turut di awal kampanye putaran final Piala Eropa 2020. Jadi jelas Inggris dalam kondisi yang baik menghadapi pertandingan lawan Denmark.

“Kami memiliki peluang yang luar biasa. Ini adalah kesempatan untuk membuat sejarah karena kami belum pernah ke final kejuaraan Eropa. Ini bukan tekanan yang terlalu besar untuk tim; ini adalah tantangan lain yang mereka dapatkan untuk mengambil kesempatan, dan saat ini mereka bangkit untuk tantangan itu,” kata Manajer Inggris, Gareth Southgate.

DIBACA JUGA: Eksekusi Penalti Olmo dan Morata Gagal, Italia ke Final Piala Eropa 2020

Soal kekuatan Denmark, Southgate tidak mau meremehkan tim berjuluk Dinamit itu. Ia menilai, Denmark adalah tim bagus dan pertandingan semifinal ini akan fantastis.

“Kami memiliki dua pertandingan dengan Denmark di musim gugur. Saya tahu betapa bagusnya mereka sebelumnya dan mereka telah membuktikannya lagi di turnamen ini. Pertandingan akan fantastis,” paparnya.

Mengulang Sejarah

Denmark pun datang ke Wembley bukan tanpa persiapan. Tim besutan Kasper Hjulmand ini juga punya rentetan pertandingan mengesankan di Piala Eropa 2020.

Mengandaskan Wales 4-0 di babak 16 besar dan menyingkirkan Republik Ceko 2-1, bukti nyata bahwa Denmark bukanlah tim sembarangan.

Mereka bahkan bukan lagi tim kuda hitam di turnamen ini, tetapi juga kandidat juara karena sudah melangkah jauh hingga semifinal.

Pemain Denmark bersukacita merayakan kemenangan 4-0 atas Wales di babak 16 besar Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Euro2020)
Pemain Denmark bersukacita merayakan kemenangan 4-0 atas Wales di babak 16 besar Piala Eropa 2020.(Foto: Twitter Euro2020)

Denmark hendak mengulang sejarah mengangkat trofi kejuaraan ini seperti di Piala Eropa 1992, meski menurut Pelatih Denmark, Kasper Hjulmand, sedikit sulit untuk mewujudkannya.

Denmark berharap tuah Wembley kembali berpihak kepada mereka, seperti saat mengalahkan Inggris 1-0 pada turnamen Liga Negara tanggal 15 Oktober 2020.

“Motivasi kami adalah untuk membungkam penonton, tetapi kami tahu itu akan sulit,” ungkap Hjulmand dikutip uefa.com.

DIBACA JUGA: adidas Luncurkan Bola Pertandingan Semifinal dan Final Piala Eropa 2020

Hjulmand mengakui walaupun Denmark adalah salah satu tuan rumah Piala Eropa 2020, namun bermain di Wembley menghadapi Inggris serasa melakoni pertandingan tandang.

“Ini akan seperti memainkan pertandingan tandang, tetapi itu juga memiliki daya tarik tersendiri, jadi kami benar-benar menantikannya. Kami senang orang-orang akan hadir dan para penggemar kembali di stadion, meskipun jelas kami akan senang jika separuh stadion mengenakan warna Denmark,” tegasnya.

(tdr/*)