Inggris dan Kroasia Wakil dari Grup D di Babak 16 Besar Piala Eropa 2020

Gol Luka Modric ke gawang Skotlandia.(Foto: Twitter Euro2020)
Gol Luka Modric ke gawang Skotlandia.(Foto: Twitter Euro2020)

GLASGOW—Gol menakjubkan Luka Modric membantu Kroasia memastikan tempat di babak 16 besar Piala Eropa 2020 dari Grup D, Rabu 23 Juni 2021 dini hari WIB.

Gol oleh Nikola Vlasic (menit 17) , Luka Modric (menit 67) ​​dan Ivan Perisic (menit 77) membawa Kroasia meraih kemenangan 3-1 atas Skotlandia di Hampden Park, Glasgow, yang memastikan tempat runner-up di Grup D dan satu tempat di babak 16 besar.

Ivan Perisic mencetak gol ke gawang Skotlandia.(Foto: Twitter Euro2020)
Ivan Perisic mencetak gol ke gawang Skotlandia.(Foto: Twitter Euro2020)

“Kami senang karena kami bermain bagus dan lolos ke babak berikutnya. Kami tidak senang dengan penampilan di dua pertandingan pertama kami dan kami tahu kami bisa lebih baik. Ketika kami bermain seperti ini, kami berbahaya untuk semua orang,” ujar Kapten Kroasia, Luka Modric.

DIBACA JUGA: Tujuh Tim Sudah Amankan Tiket 16 Besar Piala Eropa 2020

Pelatih Kroasia, Zlatko Dalic, berterima kasih kepada semua orang yang telah mendukung timnya.

“Anda adalah kekuatan kami dan kami akan membuat Anda bangga. Sepuluh hari terakhir telah menjadi ujian besar bagi kami. Kami telah menunjukkan apa yang bisa kami lakukan, dan semuanya akan lebih mudah mulai sekarang,” ungkapnya.

Sementara, kekalahan bagi Skotlandia yang berstatus tuan rumah bersama Piala Eropa 2020, membuat mereka tersingkir dari turnamen ini karena finis di posisi ketiga.

“Saya sedih untuk para pemain. Kami menunggu lama untuk sampai ke turnamen dan sekelompok pemain bagus yang membawa kami ke sini. Selama babak penyisihan grup ada banyak hal bagus hal-hal, tetapi pada akhirnya bukan poin yang kami butuhkan,” tegas Steve Clarke selaku manajer Skotlandia.

Inggris Juara Grup

Di jam yang sama, Inggris juga memastikan lolos ke babak 16 besar dengan titel juara Grup D usai mengalahkan Republik Ceko 1-0 di Stadion Wembley, London.

Gol tunggal Inggris disumbang oleh Raheem Sterling melalui sundulan kepala pada menit 12.

Raheem Sterling selebrasi usai cetak gol ke gawang Republik Ceko.(Foto: Twitter Euro2020)
Raheem Sterling selebrasi usai cetak gol ke gawang Republik Ceko.(Foto: Twitter Euro2020)

“Kami menjaga bola lebih baik hari ini dan menemukan celah dengan baik, dan mendapatkan hasil yang kami butuhkan,” urai Sterling.

DIBACA JUGA: Inggris dan Skotlandia Sama Kuat di Pertandingan Edisi ke-115

Walaupun menang dan lolos ke babak berikutnya, Pelatih Inggris, Gareth Southgate, tetap memuji Ceko tetap tim yang bagus di matanya.

“Ceko adalah tim yang sangat bagus, mereka menggunakan bola dengan sangat baik dan mereka sulit untuk ditembus. Tapi kami memiliki momen ketika kami terlihat sebagai tim yang bagus. Ada banyak hal baik yang kami lakukan dan banyak hal positif bagi kami. Kami ingin memenangkan grup dan kami ingin bertahan di Wembley – kami akan menunggu dan melihat siapa yang akan kami hadapi nanti,” jelasnya.

Untuk Ceko, tim besutan Jaroslav Silhavy ini mendarat di posisi ketiga klasemen akhir Grup D. Lolos tidaknya Ceko ke babak 16 besar menunggu laga Grup E dan Grup F selesai untuk menjadi peringkat tiga terbaik.

(tdr/Sumber: uefa.com)