Indonesia, Malaysia, & Vietnam Satu Grup di Piala AFF Suzuki 2020

Hasil undian grup Piala AFF Suzuki 2020.(Foto: Twitter/AsianCup2023)
Hasil undian grup Piala AFF Suzuki 2020.(Foto: Twitter/AsianCup2023)

DepokToday-Timnas Indonesia tergabung dalam Grup B Piala AFF Suzuki 2020 yang rencananya dihelat pada 5 Desember 2021 – 1 Januari 2022.

Untuk pertama kalinya dalam sejarah Piala AFF, pengundian grup turnamen dua tahunan itu dilakukan secara virtual untuk alasan kesehatan dan keselamatan mengingat situasi COVID-19.

Di depan sebagian besar penonton virtual yang terdiri dari asosiasi anggota AFF, sponsor dan penggemar, Wakil Presiden AFF, Dato’ Sri Francisco Kalbuadi Lay, dan Lim Kia Tong, melakukan pengundian.

Hasilnya, juara bertahan Vietnam akan berusaha untuk mengulangi penampilan kemenangan mereka melawan Malaysia di final Piala AFF 2018. Kedua tim akan kembali bentrok di babak penyisihan Grup B akhir tahun ini, dan mereka juga akan berhadapan dengan Indonesia, Kamboja, dan Laos.

Skuat Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia.(Foto: PSSI)
Skuat Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Dunia 2020 Zona Asia.(Foto: PSSI)

Sekjen PSSI Yunus Nusi mengatakan bahwa Grup B akan berjalan ketat. Apalagi diiisi tim kuat seperti Vietnam dan Malaysia. Namun, Kamboja dan Laos tidak boleh diremehkan begitu saja.

“Kami yakin Indonesia dapat lolos ke fase selanjutnya dari penyisihan Grup B ini. PSSI tentu akan mempersiapkan tim nasional dengan baik dan dukungan penuh dari pelatih Shin Tae-yong demi meraih prestasi di ajang tersebut,” kata Yunus Nusi disitat pssi.org.

BACA JUGA: FIFA Resmi Rilis Ranking, Timnas Indonesia Ada di Urutan Ini

BACA JUGA: Timnas Indonesia Korbankan Tiket Menuju Piala Dunia, Ini Sebabnya

BACA JUGA: Pelajaran Berharga Timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2022

Sedangkan Soal drawing ini, Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, menyambut baik. Ia ingin segera mengetahui tempat di mana Piala AFF Suzuki 2020 ini digelar.

“Berada di Grup B bersama Vietnam dan Malaysia sangat menarik bagi saya. Mereka tim yang kuat, namun kami akan berjuang keras demi meraih kemenangan di setiap laga. Kami akan melakukan persiapan dengan baik,” imbuh pelatih asal Korea Selatan itu.

Pada Piala AFF Suzuki 2018, Indonesia gagal lolos ke babak semifinal. Saat itu Indonesia berada di Grup B bersama Thailand, Filipina, Singapura, dan Timor Leste.

Sementara itu, juara lima kali Thailand berada satu grup dengan Singapura, pemenang Piala AFF empat kali, untuk bergabung di Grup A, bersama dengan Myanmar, Filipina, dan pemenang babak kualifikasi.

Brunei Darussalam diundi menjadi tuan rumah pertandingan kualifikasi melawan Timor Leste.

(tdr/Sumber: PSSI, AFC)