Indonesia Kalah 5-0 dari UEA di Laga Terakhir Kualifikasi Piala Dunia 2022

Pemain UEA merayakan gol di belakang kiper Indonesia, Muhammad Riyandi (kiri).(Foto: Twitter @uaefa)
Pemain UEA merayakan gol di belakang kiper Indonesia, Muhammad Riyandi (kiri).(Foto: Twitter @uaefa)

DUBAI—Tuntas sudah perjalanan timnas sepak bola Indonesia di babak kualifikasi Grup G Piala Dunia 2022 Zona Asia yang berlangsung di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA).

Tanding melawan UEA yang berakhir dengan skor 0-5 di Stadion Zabeel, tadi malam WIB, menjadi laga kedelapan sekaligus penutup untuk Indonesia.

Hasil itu membuat Indonesia tidak lolos ke fase selanjutnya karena berada di posisi juru kunci klasemen sementara Grup G dengan perolehan satu angka.

Bagi UEA, kemenangan ini memang tidak merubah posisi mereka di klasemen sementara Grup G.

DIBACA JUGA: Peluang UEA untuk Memimpin Klasemen Grup G Kembali Terbuka

DIBACA JUGA: Persaingan UEA dengan Vietnam, Tergeser atau Malah Melesat Menjauh

Dari tujuh pertandingan yang sudah dijalani, UEA mengumpulkan 15 poin dan menempati posisi kedua, terpaut dua poin dari pemimpin klasemen sementara Grup G, Vietnam.

Jalannya Pertandingan

UEA yang bertindak sebagai tuan rumah grup mencetak gol lebih dulu melalui Ali Mabkhout di menit 22.

Gol bermula ketika tendangan mendatar Khalfan Mubarak ditepis kiper Indonesia, Muhammad Riyandi, kemudian memantul dan berhasil disontek Ali Mabkhout. 1-0 UEA memimpin.

UEA tidak membutuhkan waktu lama untuk menggandakan keunggulan. Enam menit kemudian setelah gol pertama, UEA kembali membobol gawang Indonesia.

Umpan silang melambung yang dikirim Mahmoud Khamis dari sisi kanan pertahanan Indonesia, disundul oleh Fabio Lima. Muhammad Riyandi gagal mengantisipasi bola tersebut sehingga terjadilah gol. Skor 2-0 untuk UEA.

Pertandingan Indonesia vs UEA.(Foto: Twitter @uaefa)
Pertandingan Indonesia vs UEA.(Foto: Twitter @uaefa)

Menit ke-38 Indonesia sebenarnya bisa memperkecil ketertinggalan setelah mendapat hadiah tendangan penalti. Sayangnya, eksekusi penalti yang dilakukan Evan Dimas mampu ditepis oleh kiper UEA, Ali Khasif.

Indonesia pun gagal merubah kedudukan, papan skor tetap 2-0 untuk UEA dan bertahan hingga babak pertama berakhir.

Di babak kedua, UEA menambah dua gol lagi. Masing-masing disumbang Ali Mabkhout melalui tendangan penalti di menit 49, sundulan kepala Fabio Lima menit ke-55, dan tendangan Sebastian Tagliabue menit 86.

Indonesia bukan tanpa peluang di babak kedua. Upaya yang diakukan Egy Maulana Vikri, Syahrian Abimanyu, dan Adam Alis, belum membuahkan hasil.

Tambahan tiga gol yang dicetak UEA di babak kedua membuat skor pertandingan menjadi 5-0. Skor tersebut tidak berubah hingga babak kedua selesai.

(tdr/*)