Indonesia Jumpa Vietnam di Final Sepakbola SEA Games 2019

Pemain Timnas Indonesia merayakan gol yang dicetak Evan Dimas.(Foto: pssi.org)

MANILA-Perjuangan Indonesia untuk merebut medali emas SEA Games 2019 di Manila Filipina tinggal selangkah lagi.

Tim polesan pelatih Indra Sjafri telah memastikan tempat di final setelah mengalahkan Myanmar lewat tambahan waktu 2×15 menit dengan skor 4-2 pada laga yang digelar di Stadion Rizal Memorial, Sabtu (7/12/2019).

Di final, Indonesia akan menghadapi Vietnam yang pada laga semifinal lainnya menang 4-0 atas Kamboja.

Jika Indonesia bisa mengalahkan Vietnam dan menjadi juara, maka akan mengulang sejarah pada tahun 1991 di tempat yang sama, yakni di Stadion Rizal Memorial.

Indonesia sempat unggul dua gol dalam laga ini. Evan Dimas dan Eggy Maulana Vikri sukses mencetak gol pada menit ke-57 dan ke-71.

Akan tetapi, Myanmar tak langsung menyerah. Mereka bahkan merespons dengan mencetak dua gol lewat aksi Mann Aung Kaung (menit 79) dan Win Naing Tun (menit 80). Untungnya dua gol balasan cepat Myanmar tak membuat jatuh mental pemain Indonesia. Evan Dimas dkk tetap menekan meski sampai babak kedua berakhir hasilnya tetap 2-2.

Dalam masa tambahan waktu, pemain Indonesia tampil terus menekan. Hasilnya, Osvaldo Haay mencetak gol pada menit ke-101. Sementara Evan Dhimas melengkapi kemenangan Indonesia menjadi 4-2 pada menit ke-117.

Pelatih Indra Sjafri memuji semangat juang para pemain. “Mereka membuktikan punya mental juara. Meski kebobolan dua gol dalam waktu singkat, mereka tetap merespons dengan cara positif. Kekuatan mental menjadi kunci untuk mencetak dua gol tambahan lainnya,” kata Indra.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan juga mengapresiasi penampilan para pemainnya. Namun, dia mengingatkan agar tim segera melakukan evaluasi untuk mempersiapkan laga final.

“Mudah-mudahan kita bisa mewujudkan medali emas. Tentu kita berharap dukungan dan doa masyarakat Indonesia,” kata Iriawan.(sumber: pssi.org/red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here