Indonesia Boyong Piala Thomas untuk ke-14 Kalinya

Jonatan Christie memastikan kemenangan Indonesia atas China di final Piala Thomas 2020.(Foto: Twitter/Badminton Indonesia)
Jonatan Christie memastikan kemenangan Indonesia atas China di final Piala Thomas 2020.(Foto: Twitter/Badminton Indonesia)

DepokToday-Indonesia meraih gelar juara Piala Thomas 2020 yang berlangsung di Ceres Arena, Aarhurs, Denmark, Minggu 17 Oktober 2021 malam WIB.

Trofi untuk ke-14 kalinya itu diboyong Indonesia usai mengalahkan tim China di pertandingan final dengan skor akhir 3-0.

Anthony Sinisuka Ginting menyumbang skor pertama untuk Indonesia. Menghadapi Lu Guang Zu, Ginting sempat kalah di game pertama 18-21.

Di game kedua Ginting bangkit dengan mengalahkan Lu Guang Zu 21-14. Kedudukan imbang 1-1 ini kemudian ditentukan dengan game ketiga.

Di fase penentu itu, Ginting berhasil menekuk Lu Guang Zu untuk kedua kalinya dengan skor akhir 21-16. Indonesia unggul sementara 1-0 atas China.

BACA JUGA: Lagu Indonesia Raya Akhirnya Berkumandang di Olimpiade Tokyo 2020

BACA JUGA: BNI Jadi Pendukung Resmi Bulu Tangkis Nasional

BACA JUGA: Kisah Haru Apriyani Rahayu, Pebulutangkis Indonesia yang Raih Medali Emas di Olimpiade Tokyo

BACA JUGA: Kisah Pahit Tong Sin Fu, Pencetak Generasi Emas Bulu Tangkis Indonesia

Turun di pertandingan kedua, pasangan ganda putera Indonesia, Fajar Alfian dan Muhammad Rian Aldianto. Mereka meladeni tim China yang menurunkan pasangan He Ji Ting dengan Zhou Hao Dong.

Fajar dan Rian mampu menyudahi perlawanan He Ji Ting/Zhou Hao Dong dua game langsung, masing-masing dengan skor 21-12 dan 21-19.

Kemenangan dari ganda putera Tanah Air ini membuat skor keseluruhan menjadi 2-0 untuk Indonesia.

“Yang pasti luar biasa, karena ini juga salah satu cita-cita kami dari kecil untuk bermain di Thomas Cup dan sekarang bisa menyumbangkan poin untuk Indonesia di partai final. Memang salah satu tujuan kami bisa memenangkan Piala Thomas setelah 19 tahun,” ungkap Fajar mengenai laganya di Ceres Arena, Aarhus, Denmark, yang dilansir dari pbdjarum.org.

Satu kemenangan lainnya ditorehkan oleh Jonatan Christie. Menghadapi Li Shi Feng, Jojo -sapaan akrabnya- mampu membungkus kemenangan di game pertama 21-14.

Namun, Li Shi Feng berhasil menyamakan kedudukan 1-1 setelah mengakhiri game kedua dengan skor 18-21.

Pada game ketiga, babak penentu, Jojo akhirnya mampu membekuk perlawanan Li Shi Feng dengan skor 21-14. Skor penutup yang sama dibuat Jojo pada game pertama itu memastikan kemenangan Indonesia.

Secara keseluruhan, Indonesia mengalahkan China 3-0. Piala Thomas edisi ke-31 ini pun berhak diboyong ke Tanah Air. Indonesia terakhir kali menjuarai Piala Thomas pada tahun 2002.

(tdr/*)