In Memoriam H. Eddy Faisal, Pernah Jadi Bos Media

Eddy Faisal Meninggal
Almarhum H. Eddy Faisal dan dummy Koran Depok Edisi I, Senin 28 September 2015. (Foto-foto: Istimewa/Dok. Koran Depok)

INNALILLAHI Wainnailaihi Rojiun. Telah berpulang ke Rahmatullah, H. Eddy Faisal, pengusaha yang juga tokoh muda di Kota Depok.

H. Eddy Faisal menghembuskan nafas terakhir pada usia 45 tahun di rumah sakit kawasan Bintaro, Jakarta, karena sakit, Sabtu 1 Mei 2021. Kabar duka itu mengejutkan sejumlah rekan H. Eddy Faisal.

Banyak yang tak menyangka ihwal kabar berpulangnya H. Eddy Faisal ke Sang Khalik. Karena almarhum meninggal masih dalam usia muda.

DepokToday pun mencoba mengkonfirmasi kabar itu dengan menghubungi orang dekat almarhum, yang kini sudah tak lagi bekerja di perusahaan milik H. Eddy Faisal.

“Iyaa valid (meninggal dunia-red) itu,” kata mantan orang dekat Eddy Faisal yang namanya enggan disebutkan melalui pesan WhatsApp (WA), Sabtu siang.

DIBACA JUGA: https://depoktoday.hops.id/dipimpin-rusdy-inilah-susunan-pengurus-pwi-kota-depok-periode-2021-2024/

H. Eddy Faisal memang terkenal aktif di berbagai organisasi. Sehingga namanya termasuk salah satu tokoh muda yang aktif dalam pembangunan di Kota Depok. H. Eddy Faisal juga terjun ke dunia politik praktis bersama Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Karena aktif, H. Eddy Faisal memiliki banyak kolega baik di dalam maupun luar Depok. Termasuk dekat dengan kalangan wartawan.

H. Eddy Faisal merupakan pengusaha yang memiliki jaringan usaha bernama Duta Holding Company (DHC). Salah satu unit usahanya waktu itu adalah Koran Depok (KonDe).

Surat kabar harian lokal itu terbit pada 28 September 2015 dimana H. Eddy Faisal menjabat sebagai Pemimpin Perusahaan.

Bisa dibilang, H. Eddy Faisal lah tokoh penting atas lahirnya Koran Depok. Karena saat itu, ia memenuhi semua segala sarana dan prasarananya. Kasarnya, H. Eddy Faisal adalah pemodal tunggal.

Koran Depok
Kantor Redaksi Koran Depok di Jalan M. Yusuf, Kecamatan Sukmajaya, dikunjungi Kompol Supriyadi (baju garis kuning-hitam) yang kala itu menjabat sebagai Kapolsek Sukmajaya. (Foto: Dok. Koran Depok)

Sejarah

Tak dipungkiri, kehadiran Koran Depok saat itu setelah karamnya Harian Monitor Depok (Monde).

Eks pewarta Monde yang kehilangan “perahu besar”, yaitu Ashari, Sudibyo, Aji Hendro, Tidar Aira, dan Teddy G. Chaniago, akhirnya menggagas Koran Depok.

Sadar tak memiliki finansial untuk mendirikan koran, kelima wartawan itu kemudian menyodorkan gagasan ke sejumlah pengusaha untuk membantu menerbitkan Koran Depok.

Setelah menempuh negosiasi yang alot dengan beberapa pengusaha, akhirnya para penggagas menemukan satu sosok yang siap menerbitkan Koran Depok. Dia adalah H. Eddy Faisal.

Bertempat di Penjaten Village (Penvile), Jakarta Selatan, para penggagas dan Edy Faisal sepakat menerbitkan koran yang terbit Senin-Jumat. Selain versi cetak, H. Eddy Faisal juga membuat versi online www.korandepok.com (nonaktif).

Minggu 27 September 2015, mulai lah
tim redaksi deadline di kantor yang terletak di Jalan M. Yusuf, Kecamatan Sukmajaya.

“Kita tunggu bayi ini lahir, saya pengen denger teriakannya,” kata Pemimpin Redaksi Koran Depok, Ashari, yang begadang menunggu edisi perdana datang dari percetakan di kawasan Tambun, Bekasi, Jawa Barat, Senin dini hari, 28 September 2015.

Sayang, kebersamaan KonDe dengan Edy Faisal teramat singkat. Akhir Desember, menjadi bulan kelabu bagi awak Koran Depok.

Koran Depok
Dummy Koran Depok. (Foto: Dok. Koran Depok)

Menyongsong tahun baru 2016, manajemen PT Jaringan Kreasi Persada (unit usaha dari Duta Holding Company) yang menerbitkan Koran Depok, tak lagi bersedia melanjutkan penerbitan Koran Depok.

Meski hanya beberapa bulan saja, namun sumbangsih H. Eddy Faisal terhadap Koran Depok telah menjadi catatan sejarah bahwa almarhum pernah menjadi bos media.

Selepas dari H. Eddy Faisal, Koran Depok tetap terbit dengan berpindah-pindah kantor dan pemilik. Hingga pada akhirnya Koran Depok pun benar-benar pamit untuk selamanya pada medio 2017.

Kini wartawan eks Koran Depok tetap eksis menjadi pewarta meskipun mereka berkarya dibeda perusahaan media. Beberapa di antaranya ada yang ikut bergabung bersama DepokToday.

Selamat jalan Bang Eddy Faisal, semoga kebaikan mu selama di dunia menjadi saksi di akhirat.

(tdr/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here