ILUNI FTUI Kolaborasi Distribusikan 9.000 Tabung Oksigen ke Rumah Sakit, Dua di Depok

Tim ILUNI FTUI menyalurkan bantuan tabung oksigen ke RS (Istimewa)
Tim ILUNI FTUI menyalurkan bantuan tabung oksigen ke RS (Istimewa)

DEPOK – Menyikapi langkanya tabung oksigen yang belakangan terjadi, Ikatan alumni Fakultas Teknik Universitas Indonesia (ILUNI FTUI) melakukan kolaborasi dengan Bidang Koordinasi Relawan Satgas Penanganan COVID-19, dan KADIN Indonesia.

Mereka menyalurkan 9.000 tabung oksigen secara bertahap ke rumah sakit yang membutuhkan di Indonesia, termasuk juga sejumlah rumah sakit di Depok. Cindar Hari Prabowo, Ketua Umum ILUNI FTUI lewat keterangannya mengatakan, program ini merupakan rotasi tabung oksigen terbatas.

Dimana, menempatkan tabung oksigen ke Rumah Sakit yang membutuhkan untuk di rotasi dengan tabung oksigen yang sudah terisi sehingga pengisian dan perputaran tabung oksigen yang kosong menjadi lebih cepat dan tepat.

“COVID-19 merupakan tantangan yang harus dihadapi kita bersama. Kali ini bekerja sama dengan KADIN Indonesia, ILUNI FTUI berkesempatan ikut andil dalam proses distribusi tabung oksigen ke beberapa rumah sakit utamanya di Pulau Jawa dan Bali,” sebut dia.

Dia mengatakan, pemilihan rumah sakit peserta Program ini dilakukan sesuai kebutuhan berdasarkan data yang diperoleh dari Kemenkes secara real time. “Setelah itu barulah pihak kami menghubungi rumah sakit dimaksud,” kata dia.

Baca juga: GTPPC Ingatkan Penipuan Penjual Tabung Oksigen, Modusnya Kayak Gini

Sebagai tahap awal, pada hari Senin 19 Juli 2021, telah disalurkan sebanyak 200 unit tabung oksigen untuk RS Ummi Bogor, RS Jakarta Medical Center (JMC), RSUI Depok, RSUD Jati Padang, RS Metropolitan Medical Center (MMC), dan RSUD Depok.

“Serah terima dilakukan oleh perwakilan ILUNI FTUI Muliandy Nasution sebagai Koordinator Program Rotasi Tabung Oksigen Terbatas dan Wakil Sekjen ILUNI FTUI Mohammad Denanda Zaldi,” sebut dia.

Kegiatan ini akan terus berlanjut hingga jumlah tabung yang didistribusikan mencapai 9.000. Aksi kemanusiaan ini dilakukan sebagai bentuk kontribusi KADIN Indonesia, ILUNI FTUI, dan Bidang Koordinasi Relawan Satgas Penanganan Covid-19 dalam rangka membantu pemerintah menghadapi pandemi COVID-19 agar kondisi segera membaik. (lala/*)