Ikatan Keluarga Besar Universitas Indonesia Tidak Ada Kaitan Dengan UI

Universitas Indonesia atau UI (DepokToday.com)
Universitas Indonesia atau UI (DepokToday.com)

DEPOK- Rektorat UI kembali menegaskan, setiap logo atau pun merek kampus telah dipatenkan secara resmi. Dengan demikian, siapapun yang menggunakannya tanpa hak dapat dijerat ke ranah hukum.

Hal ini merespon adanya pemberitaan di media sosial pada Rabu 24 Juni 2021, yang di dalamnya memuat foto dan tulisan tentang sekelompok orang yang menamakan diri sebagai Ikatan Keluarga Besar Universitas Indonesia.

“Bersama ini kami tegaskan bahwa UI tidak memiliki kaitan apa pun dengan kelompok tersebut. Segala tindakan dan pernyataan kelompok tersebut tidak mewakili sikap UI,” kata Humas UI, Amelita Lusia dalam keterangan tertulisnya pada Jumat 25 Juni 2021.

Ia menegaskan, kelompok tersebut tidak berhak menggunakan identitas UI sesuai Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2013 tentang Statuta Universitas Indonesia, Keputusan Rektor Universitas Indonesia Nomor 1767/SK/R/UI/2014 tentang Logo UI.

Kemudian, tentang merek yang telah terdaftar pada Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia.

Amelita menjelaskan, ketentuan penggunaan identitas dan atribut UI telah diatur dalam Peraturan Rektor UI Nomor 058 Tahun 2017 tentang penggunaan nama, logo, dan atau merek UI.

Penyalahgunaan dan atau penggunaan tanpa ijin nama, logo, dan merek UI merupakan suatu bentuk pelanggaran hukum.

“Universitas Indonesia akan mengambil langkah-langkah hukum yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tegasnya.

Sikap Tegas Universitas Indonesia

Rektorat Universitas Indonesia atau UI, melarang keras penggunaan logo atau merek tanpa hak. Kebijakan itu juga termasuk pencantuman logo Makara UI. Jika ditemukan adanya pelanggaran, maka kampus almamater kuning itu siap menempuh jalur hukum.

Demikian disampaikan Humas UI melalui keterangan tertulisnya yang diterima awak media pada Kamis 24 Juni 2021.

Kepala Humas UI, Amelita Lusia mengungkapkan, keputusan itu terkait dengan beredarnya berbagai publikasi yang menggunakan nama, logo, dan atau merek UI tanpa hak. Baca selengkapnya di sini: UI Ancam Pidanakan Penggunaan Merek dan Logo Tanpa Izin (rul/*)