Idris Berkomitmen Akan Wujudkan Depok Zero Stunting

Wali Kota Depok, Mohammad Idris singgun data vaksinasi. (foto: CNBC)
Wali Kota Depok, Mohammad Idris singgun data vaksinasi. (foto: CNBC)

DepokToday – Wali Kota Depok Mohammad Idris berkomitmen akan menjadikan Depok zero stunting atau nihil angka bayi dilahirkan dalam keadaan stunting.

Komitmen Idris itu disebutkan dalam pidatonya saat perayaan Hari Anak Nasional (HAN) di Balaikota Depok, Kamis 19 Agustus 2021.

“Untuk itu, Dinas Perlindungan Anak Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) yang mengurus semua itu, harus berkordinasi dan berkolaborasi dengan lurah dan camat untuk memujudkan Depok Zero Stunting,” kata Idris seperti dikutip dari situs resmi Pemerintah Kota Depok.

Baca Juga: Wali Kota Depok Luncurkan Program Untuk Anak Yatim Piatu Karena COVID-19

Idris juga meminta, agar seluruh pihak tidak menjadikan peringatan Hari Anak Nasional hanya menjadi seremoni tahunan belaka. Namun, perlu dijadikan sebagai pemicu untuk mewujudkan Depok sebagai Kota Ramah Anak.

“Dengan tema HAN tahun ini yaitu anak terlindungi, Indonesia maju, dan taglinenya #anakterlindungidimasapandemi, jangan menjadi slogan saja,” kata Idris.

Pada kesempatan yang sama, Bunda Forum Anak Daerah (FAD) Kota Depok, Elly Farida melantik 11 Bunda FAD tingkat Kecamatan dan 63 Bunda FAD tingkat Kelurahan yang akan bertanggungjawab terhadap perkembangan anak tiap wilayahnya.

“Dengan program ini, diharapkan dapat ikut mendukung terwujudnya Depok sebagai Kota Layak Anak,” kata Elly.

Elly pun berharap, dengan adanya Bunda FAD hingga tingkat kecamatan dan keluarahan, pemantauan dan pendampingan tumbuh kembang anak dapat dirasakan hingga tingkat grass root.

“Diharapakan Kota Layak Anak akan menjadi satu kesatuan, manakala ibu-ibu di pemerintahan paling bawah, yaitu di kelurahan pun juga memiliki sensecare, dan peduli bahwa ini tanggung jawab kita semua,” kata Elly. (ade/*)