Hut Ke-54, UP Semakin APIK  

0
56
Jajaran Rektorat UP (Istimewa)

JAKARTA- Universitas Pancasila (UP) memperingati hari jadinya yang ke-54 tahun dengan tema membangun insan Adaptif-Produktif-Inovatif-Kontibutif (APIK) untuk Indonesia unggul.

Dalam kondisi pandemi COVID-19 yang belum mereda, peringatan ulang tahun UP dilaksanakan terbatas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat di Aula Fakultas Teknik lantai 4 UP, Jakarta Selatan pada Rabu 4 November 2020

Hadir dalam acara tersebut ketua yayasan, pimpinan universitas, pimpinan fakultas, ketua/kepala lembaga, kepala biro, perwakilan pegawai, mitra UP, Ketua KAUP, ketua senat, dan Ketua BP KMUP.

Sementara itu seluruh pegawai lainnya secara online. UP yang berdiri 28 Oktober 1966 bersamaan dengan sumpah pemuda aktif melaksanakan tridharma perguruan tinggi melalui program merdeka belajar.

Kemudian kampus merdeka dalam upaya menghadapi revolusi industri 4.0 yang dinamis serta tetap mampu berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dengan tetap berpegang pada nilai-nilai luhur pancasila.

Menarik Lainnya: Gandeng Universitas di Korsel, UP: Jangan Jago Kandang

Pada tahun akademik 2020/2021 ini jumlah penerimaan mahasiswa baru sebanyak 2539 orang, mulai dari program D3, S1, Profesi Apoteker, S2, dan S3. Dari 27 prodi yang ada, sejumlah 17 prodi terakreditasi A. Nilai akreditasi A juga diperoleh Universitas Pancasila sebagai institusi di samping ISO

Dalam sambutannya, rektor menyampaikan perkembangan UP selama tahun 2020, baik di bidang akademik maupun non-akademik. Bidang akademik, UP menerapkan pembelajaran kampus merdeka-merdeka belajar, Prodi S3 Farmasi telah meluluskan 3 Doktor dengan IPK rata-rata 4.0.

Jumlah mahasiswa aktif  UP pada tahun akademik 2020/2021 mencapai 12.165. Selain itu Fakultas Hukum UP  dengan Youngsan University Korea Selatan berkolaborasi untuk program Joint Degree S1 Ilmu Hukum.

Serta rencana pembukaan 5 (lima) Prodi baru, yakni: Prodi Magister Kajian Pancasila dan Kepemimpinan Publik (SPs),  Prodi Doktor Teknik Mesin, Prodi Magister Rekayasa Infrastruktur dan Kawasan, Prodi Profesi Arsitektur, Prodi S1 Teknik Perkeretaapian (dari Fakultas Teknik), Prodi Vokasi D4 MICE-Fakultas Pariwisata, dan Prodi Doktor Ilmu Hukum Fakultas Hukum.

Pada Bidang non-akademik UP juga berhasil meraih P4GN dari Badan Narkotika Nasional pada Juni 2020, karena berperan aktif dalam upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN), Rencana pembangunan 4 (empat) rumah ibadah untuk agama Budha, Hindu, Katholik, serta Kristen Protestan sebagai bentuk perwujudan nilai luhur pancasila.

Dalam rangka memperingati HUT-54 UP, Dekan FHUP Prof Eddy Pratomo melaunching buku biografi bertajuk Diplomat Kesasar pada 21 Oktober 2020 dan diikuti dengan peluncuran buku Prof.Mardjono Reksodiputro berjudul Semangat Tak Pernah Padam pada tanggal 24 Oktober 2020.

Rabu, 28 Oktober 2020 rektor menobatkan 100 mahasiswa peserta entrepreneur day menjadi wirausaha muda UP pada 2020. Ketua Pembina Yayasan Bapak Siswono Yudo Husodo mengatakan, ditengah kondisi eksternal yang dinamis dan kompleks ini, UP terus berupaya semakin maju untuk menghasilkan lulusan yang APIK (Adaptif-Produktif-Inovatif-Kontibutif). (rul/*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here